Lewat Karnaval Khatulistiwa, Target Wisman Digenjot

Menpar Arief Yahya dan Ketua Panitia Karnaval Khatulistiwa
Sumber :
  • VIVA/ Beno Junianto

VIVA.co.id - Sabtu, hampir seluruh warga kota Pontianak hanyut dalam pergelaran Karnaval Khatulistiwa 2015. Puluhan ribu warga Pontianak tumpah ke jalan untuk menyaksikan parade dan aksi para kreator budaya seluruh Nusantara.

Meski sukses menggelar acara terbesar tingkat nasional itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya justru memberi pekerjaan rumah untuk "Kota Khatulistiwa" itu. Arief ingin ada peningkatan serius dalam menarik minat wisatawan lokal dan asing untuk datang ke Pontianak.

"Kunjungan wisman ke Pontianak saat ini 30 ribu orang setahun. Pada 2019 ditargetkan naik tiga kali lipat jadi 100 ribu, wisatawan domestik 2,5 juta menjadi 3 juta. Dengan event seperti ini, event sungai seperti Venezia akan mudah menarik wisatawan ke Indonesia," kata Arief kepada VIVA.co.id, Sabtu 22 Agustus 2015.

Arief melanjutkan, dari 30 ribu wisman, kunjungan paling besar atau 80 persen berasal dari Malaysia, diikuti Singapura, dan Brunei Darussalam masing-masing 5 persen. Artinya, wisman di Pontianak mayoritas berasal dari negara-negara di sekitar Kalimantan.

"Perlu ada event seperti ini lagi," ucapnya.

Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Acara Karnaval Khatulistiwa kali ini diramaikan oleh musisi seperti Slank, Ello, dan Saykoji. (art)

Peluncuran Paket Wisata Maumere

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

Ada serangkaian acara yang akan diadakan di Maumere.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016