Verifikasi Kartu Kredit Pakai 'Selfie' Diuji Coba

Verifikasi kartu kredit pakai selfie
Sumber :
  • The Register
VIVA.co.id
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
- MasterCard terus berinovasi meningkatkan pelayanan bagi para pengguna kartu kredit. Kali ini, perusahaan tersebut bereksperimen teknologi baru yaitu fasilitas verifikasi penggunaan kartu kredit dengan menggunakan aplikasi pengenal wajah atau "Selfie Pay".  

Punya Banyak Kartu Kredit Ternyata Ada Untungnya
Dilansir dari Business Insider, Sabtu 22 Agustus 2015, uji coba layanan ini diumumkan secara resmi pada Kamis lalu. Dengan menggunakan kamera di ponsel pintar, penyedia kartu kredit MasterCard dapat memverifikasi identitas pengguna kartu tersebut. 

Oppo Luncurkan F1s, Andalkan Sidik Jari dan Kamera Selfie
Baca juga:  

Jika membeli sesuatu melalui ponsel pintar, dengan inovasi ini, perusahaan yang menerbitkan kartu kredit dapat memastikan bukan orang lain yang menggunakan kartu tersebut, melalui foto selfie instan yang dikirim pada saat itu juga. 

Meskipun terkesan hanya mengikuti tren, secara sederhana, pelayanan ini proses verifikasi dengan dua tahap. 

Saat ini, teknologi tersebut sedang diuji oleh perusahaan jasa keuangan internasional, First Federal Credit Union di Amerika Serikat. Dengan perusahaan tersebut, MasterCard juga bereksperimen sistem pembayaran menggunakan sidik jari, menggunakan scanner di ponsel pintar. 

Baca juga:

Saat ini, para karyawan perusahaan tersebut terlibat mengeksperimen inovasi baru ini, menggunakan akun dan uang palsu. Sekitar 200 karyawan mengambil bagian dalam riset tersebut, dan rencananya dilakukan mulai bulan depan hingga Oktober mendatang. 

Laporan Fineekstra, MasterCard juga melakukan uji coba ini di Netherland. Senior Vice President MasterCard, Catherine Murchie mengaku sangat bersemangat dengan inovasi baru ini. 

"Kami bersemangat bekerja sama dengan First Tech mengerjakan pilot project ini," ujarnya.  

Baca juga:  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya