Mencicip Legit Nanas Madu Khas Pemalang

Ilustrasi nanas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id -
Borobudur akan Dikelola oleh Satu Badan
Berkunjung ke kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas daerah setempat. Sebab wilayah di kaki Gunung Slamet itu mempunyai buah unggulan dengan rasa yang manis yakni nanas madu.

Banyak Destinasi, Ini Alasan Wisata Jateng Belum Terjual

Namun jangan salah, meski buah nanas selalu ada di wilayah lain, akan tetapi nanas khas Pemalang memiliki rasa yang unik. Manis dan legit dengan bentuk kecil mungil menjadikannya berbeda dengan buah nanas pada umumnya.
Megahnya Waduk Kedung Ombo, Jawa Tengah


"Sangat beda dengan nanas asli Blitar. Kalau nanas madu khas Pemalang kandungan airnya banyak dan lebih manis, " kata Witri seorang penjual nanas madu di Rest Area Desa Sikasur, Kecamatan Mbelik, Pemalang, kepada
VIVA.co.id,
Minggu 23 Agustus 2015.


Harga nanas madu bahkan cukup terjangkau, tergantung besar kecilnya buah. Untuk ukuran paling kecil nanas madu bisa didapatkan dengan harga Rp2500. Sedangkan ukuran yang paling besar dipatok dengan harga Rp5000.


Warga sekitar Pemalang bahkan telah menyulap buah nanas unik ini menjadi makanan olahan. Seperti minuman kemasan, stik, manisan, jenang, dodol, krupuk hingga  jelly buah nanas.


"Biasanya para ibu-ibu yang tergabung dalam Unit Usaha Kecil Menengah (UMKM) secara bersama-sama membuat makanan olahan ini, " kata dia.


Besarnya peminat nanas madu, membuat hampir 80  warga di wilayah lereng Gunung Slamet seluruhnya menanam buah nanas mungil dengan warna kekuningan ini.


Maka jangan heran jika Anda melewati sepanjang jalan Pemalang yang berbatasan dengan kabupaten Purbalingga itu kerap ditemukan buah dengan nama latin Ananas comosus tersebut.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya