Harga Wajar Daging Ayam di Bawah Rp30 Ribu per Kg

Pedagang ayam potong
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Lucky R
VIVA.co.id
Kementan Ajak Polri dan KPK Stabilkan Harga Daging Ayam
- Kementerian Pertanian melakukan tinjauan ke peternakan di kawasan Cabang Bungi, Bekasi, Jawa Barat. Kementerian ini mendapati harga ayam di tingkat peternak sebesar Rp20 ribu per kg bobot ayam hidup. Lalu, kementerian ini pun menyebut harga daging ayam di tingkat konsumen seharusnya tak lebih dari Rp30 ribu.

Beda Harga Ayam di Peternak dan Konsumen Dipertanyakan

"Kalau di farm itu Rp20 ribu per kg, artinya di tingkat konsumen Rp29-30 per kg itu wajar. Kalau sudah Rp33 ribu, itu sudah cukup mahal. Kalau lampaui itu, berarti ada ketidakwajaran," kata Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi Pertanian, Syukur Iwantoro, pada Minggu malam 23 Agustus 2015.
Daging Ayam Sumbang Inflasi Terbesar, Ini Kata BPS


Syukur mencontohkan di Berkah Farm, salah satu peternakan di Bekasi, terdapat 5 kandang ayam di mana satu kandang berisi 5 ribu ayam sehingga total ayam yang dipelihara ada 25 ribu ekor. Di daerah Jabodetabek, ada sekitar 30 kandang ayam. Sehingga diperkirakan jumlah ayam sebanyak 750 ribu ekor. Sementara itu, kebutuhan ayam di Jabodetabek sebanyak 1,4 juta ekor per harinya.


"Kebutuhan ayam di Jabodetabek dipasok dari Subang, Sukabumi, Cikarang, Banten, dan Karawang," kata dia.


Syukur menambahkan bahwa kalau ada pihak yang bermain dalam tingginya harga daging ayam di tingkat konsumen, pihaknya akan menyerahkannya kepada pihak yang berwajib.


"Itu kewenangan dari pihak yang berwajib," kata dia.


Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan koordinasi. Hal ini bertujuan agar tak ada pihak yang resah karena kelompok tertentu yang mmpermainkan harga daging ayam.


"Tentunya kami di Kementerian Pertanian, memastikan jaminan pasokan di tingkat peternak," lanjut Syukur. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya