Kementan Gelar Pasar Murah

Pasar murah di gedung Kementerian Pertanian
Sumber :
  • Arie Dwi Budiarti/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Indonesia Terancam Krisis Petani
- Kementerian Pertanian menggelar pasar murah di gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin 24 Agustus 2015. Tujuannya adalah untuk menstabilkan harga bahan pangan di tingkat petani, khususnya tomat.

Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN

"Kegiatan ini kami lakukan untuk menstabilkan harga di tingkat petani, khususnya tomat, kemudian bawang merah yang jatuh," kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di Kementerian Pertanian.
Jokowi Buat Proyek Keroyokan di Brebes


Amran mengatakan bahwa harga tomat di tingkat petani kini sebesar Rp400 per kilogram. Harga bawang merah pun merosot di angka Rp3 ribu per kg, padahal sebelum Ramadhan, harga bawang merah mencapai Rp36 ribu-Rp40 ribu per kg.


Dalam acara itu Kementan menggandeng Perum Bulog dan Kementerian Perdagangan untuk membeli bahan pangan tersebut di tingkat petani. Amran menambahkan pasar murah di Kementerian Pertanian berlaku untuk umum sehingga masyarakat bisa membelinya di pasar murah itu.


"(Pasar murah) ini (juga) berlaku untuk masyarakat umum, tak hanya lingkungan Kementerian Pertanian," kata dia.


Sekadar informasi, pasar yang bernama "Bazar Produk Pertanian" ini digelar di halaman Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta. Pasar murah dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.


Sayangnya pasar ini hanya diselenggarakan satu hari. Bahan pangan yang dijual di pasar murah ini adalah cabai rawit yang dibanderol dengan harga Rp40 ribu per kg, tomat Rp2.500 per kg, bawang merah Rp20 ribu per 2 kg, ayam karkas Rp30 ribu per kg, dan telur Rp21 ribu per kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya