2016, di Bulan Mulai Ada Iklan

Ilustrasi Bulan dan Bumi
Sumber :
  • BBC

VIVA.co.id - Eksplorasi bulan kian meluas. Satelit bumi tersebut makin menarik sebagai objek. Tapi kali ini menarik bukan untuk objek penelitian namun sebagai objek iklan.

Sebuah perusahaan minuman ringan Jepang tertarik menggunakan bulan sebagai 'papan iklan' produk mereka.

Dikutip dari Space.com, Senin 24 Agustus 2015, perusahaan Jepang Otsuka Pharmaceutical Co, berambisi mengirimkan kapsul waktunya yang membawa produk minumannya sehingga bisa dikonsumsi di bulan di masa mendatang.

Terekam Suara 'Musik' Aneh di Sisi Gelap Bulan

Misi mengirimkan produk minuman ringan ini dijadwalkan berlangsung tahun depan. Kapsul tersebut akan membonceng roket SpaceX Falcon 9 pada akhir 2016.
 
Menariknya, kapsul yang dinamai Lunar Dream itu berisi pelat titanium yang terukir pesan dari orang berbagai negara di seluruh dunia. Selain pelat, kapsul itu berisi bubuk minuman ringan perusahaan tersebut.

Diharapkan saat nanti kapsul mendarat di permukaan bulan, astronot di sana bisa mencampur bubuk minuman ringan itu dengan air di bulan, sehingga bisa diminum seperti di bumi.

"Saya telah mendapatkan hak istimewa dalam misi teknologi, tapi usaha ini benar-benar adalah soal generasi baru yang muncul dan kesempatan bagi semua orang, terutama kaum muda untuk terlibat dan memiliki pengalaman seumur hidup," kata Red Whittaker, Kepala Ilmuwan dan Direktur Astrobotic dalam keterangan videonya.  Whittaker merupakan bagian dari misi tersebut.

Untuk meraih ambisi tersebut, Otsuka Pharmaceutical Co, bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendesain kapsul khusus berisi minuman ringan tersebut.

Untuk mewujudkan misi ini, Otsuka Pharmaceutical sudah menjalin kerja sama dengan badan antariksa Singapura, Astroscale. Kerja sama dalam konteks mendesain kapsul waktu tersebut.

Menurut keterangan Astrobotic, untuk misi membawa iklan minuman ringan pertama di bulan ini, perusahaan Jepang disebutkan harus merogoh kocek US$1,2 juta per kg muatan yang dikirim ke bulan.

Inilah Penjelasan Adanya Gerhana Matahari

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016