MPR Siapkan Konsep-Konsep Penyempurnaan UUD

Ketua Badan Pengkajian MPR, Bambang Sadono
Sumber :
VIVA.co.id
Bom Sarinah, Ketua MPR Nilai Aparat Tak Kecolongan
- Ketua Badan Pengkajian MPR RI Bambang Sadono mengungkapkan kemungkinan UUD akan mengalami perubahan kembali. Sampai akhir tahun ini MPR mempersiapkan konsep-konsep bagi penyempurnaan UUD.

Simposium Kebangsaan MPR, Mengevaluasi Proses Ketatanegaraan

"Kita sedang mengumpulkan masukan-masukan dari masyarakat dari seluruh provinsi di Indonesia melalui seminar-seminar,” kata Bambang ketika berbicara pada Seminar Nasional di Batam, Senin 24 Agustus 2015.
Wakil Ketua MPR: Indonesia Dipandang Penting oleh Qatar


Menurutnya, pada akhir tahun (2015), dari masukan-masukan tersebut dipersiapkan konsep-konsep untuk penyempurnaan UUD, ujarnya. 


Seminar bertema "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan" merupakan kerjasama MPR dan Universitas Putera Batam, dan diikuti sekitar 300 peserta.


Hadir dalam seminar ini selain Ketua Badan Pengkajian Bambang Sadono, adalah Anggota Badan Pengkajian yaitu Martin Hutabarat, Shodiq Mujadid (Partai Gerindra), Sarmudji (Partai Golkar) dan Darmayanti Lubis (Kelompok DPD).


Narasumber dalam seminar ini adalah Dr. Oksep Adhayanto, SH, MH, Dr. M. Gita Indrawan, ST, MM (Wakil Rektor Universitas Putera Batam), Dr Sahat Sianturi SH, MH dan Dr. Syaid Saliman, MM.


Bambang Sadono menjelaskan seminar itu merupakan rangkaian seminar yang dilakukan Badan Pengkajian MPR di seluruh provinsi di Indonesia. "Seminar-seminar itu menjadi rekomendasi penguatan sistem ketatanegaraan. Bila perlu untuk melakukan penyempurnaan UUD," katanya.


Bambang menyebutkan ada 15 topik seminar yang dikelompokan menjadi 5 kelompok besar,
pertama
, pengkajian tentang Pancasila, meluruskan kembali posisi Pancasila sebagai dasar negara dan sumber hukum.


Kedua
, penguatan MPR RI seperti posisi Ketetapan MPR dan kewenangan MPR dalam merumuskan GBHN.
Ketiga
, penguatan sistem presidensil.
Keempat
, penguatan DPD dan
kelima
, penataan lembaga negara khususnya menyangkut MA, MK dan Komisi Yudisial.


Bambang mengatakan, masukan dari seminar ini digabung dengan seminar dari daerah lain. Pada akhir tahun, diharapkan sudah bisa mempersiapkan konsep-konsep kepada pimpinan MPR, yang bila memungkinkan secara politik nanti untuk penyempurnaan UUD. “Kita sudah siapkan ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya