Rupiah Merosot, Perajin Tempe Perkecil Ukuran

Produksi Rumahan Kedelai dan Tempe
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Terpuruknya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hingga Rp14 ribu per dolar AS, berdampak langsung ke perajin tempe di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
Sebab, harga bahan baku kedelai melonjak tajam. Untuk mensiasati agar tak merugi akibat naiknya harga bahan baku, perajin mengurangi ukuran tempe.

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
Salah satunya Rubiyono, perajin tempe dari Dusun Tegalsari, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul. Dia mengatakan, saat ini harga kedelai naik menjadi Rp7.400 per kilogram (kg), dari sebelumnya Rp7.000 per kg.

"Harga kedelai terus merangkak naik seiring melemahnya nilai tukar rupiah," katanya, Selasa, 25 Agustus 2015.
 
Namun, dia menjelaskan, saat ini belum merasakan imbas yang signifikan. Tetapi, jika harga kedelai terus merangkak naik, dia mengaku akan mengalami kerugian.

”Kalau sampai saat ini imbasnya belum begitu saya rasakan, tapi jika terus dibiarkan, lama kelamaan usaha saya ini bisa rugi, karena harga produksi yang semakin mahal,” katanya.

Rubiyono menjelaskan, dia akan mensiasati kondisi tersebut dengan mengurangi ukuran tempe yang diproduksi.

”Lebih baik saya kurangi ukurannya saja, daripada saya harus menaikkan harga. Karena jika saya naikkan, nanti konsumen pada lari ke produsen lainnya, cari yang murah,” ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah bisa segera punya solusi atas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

”Semoga saja hal ini tidak berlangsung lama,” katanya.

Adapun, mata uang rupiah pada transaksi hari ini, Selasa 25 Agustus 2015, semakin tertekan terhadap nilai tukar dolar Amerika Serikat di atas level Rp14 ribu.

Berdasarkan Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia kurs rupiah melemah di posisi Rp14.067 per dolar AS. Rupiah melemah Rp69 dibanding dengan kurs kemarin, yang dipatok di Rp13.998 per dolar AS.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya