Ekonomi RI Melemah, Darmin: Enak Saja Pemerintah Pasrah

Luhut Pandjaitan Darmin Nasution Rizal Ramli
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, pemerintah tidak pasrah menghadapi gejolak ekonomi global yang terjadi saat ini. Pertumbuhan ekonomi diyakini akan terdorong pada akhir tahun ini.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
"Enak saja (pemerintah pasrah),' ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu 26 Agustus 2015. 

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
Darmin menjelaskan, terdorongnya pertumbuhan ekonomi tersebut terjadi karena realisasi pengeluaran pemerintah pasti akan terdorong pada triwulan II dan IV. "Ya memang disitu puncaknya," katanya. 

Baca juga:

Apalagi ada agenda nasional yang akan dilakukan pada akhir tahun ini yaitu pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia. Pengeluaran pemerintah tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Kita kan belum pernah tahu pilkada serentak, kalau pemilu kami itu bisa hitung dampaknya 0,2 atau 0,15 persen kepada pertumbuhan. Nah pilkada serentak mestinya lebih besar karena dia lebih ini ke rakyat," ungkapnya. 

Baca juga:

Dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun bisa tembus lima persen. Meskipun jauh dari proyeksi APBN-P 2015 sebesar 5,7 persen, angka tersebut dinilai realistis dengan kondisi ekonomi global saat ini. 

"Kami lihat dulu seperti apa kita bisa mendorongnya (pertumbuhan ekonomi)," kata dia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya