'Buyback' 10 Persen Saham, Medco Energi Siapkan Rp705 Miliar

Kilang Medco Energi
Sumber :
  • Company Profile Medco Energi 2010
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- PT Medco Energi International Tbk telah melakukan pembelian kembali (
buyback
IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
) saham sebesar 10 persen dari jumlah seluruh saham yang telah dikeluarkan. Pihaknya menyiapkan dana sebesar US$50 juta atau setara Rp705,1 miliar.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI
Direktur Utama Medco Energi International, Lukman A Mahfud, melalui keterangan resmi Bursa Efek Indonesia mengatakan, rencana buyback dilakukan mulai 26 Agustus 2015 sampai 25 November 2015.

"Untuk pembelian kembali saham ini, perseroan akan menunjuk salah satu anggota BEI untuk melakukan pembelian saham. Saham yang dibeli kembali akan dibukukan sebagai saham treasury dan rencananya akan dijual kembali, setelah kondisi pasar mulai membaik dengan harga yang lebih baik," ujarnya, Rabu, 26 Agustus 2015.

Lukman menuturkan, untuk buyback saham tersebut, perseroan menggunakan seluruh dana yang dicadangkan. 

Lukman yakin pelaksanaan pembelian kembali saham tidak memengaruhi pembiayaan kegiatan usaha, karena hingga kini perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang memadai untuk menjalankan kegiatan operasional.

"Kondisi keuangan perseroan dapat dilihat dalam performa laporan keuangan konsolidasi perseroan yang berakhir pada 30 Juni 2015, dan menggunakan dana yang sudah dicadangkan sebesar US$50 juta untuk buyback saham paling banyak sejumlah 10 persen," ucapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya buyback saham, maka performa laba bersih per saham, imbal hasil aset, dan ekuitas perseroan menjadi lebih tinggi, bila dibandingkan tanpa dilakukannya pembelian kembali saham.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya