AS Tarik Pasokan, Harga Minyak Dunia Kembali Turun

Ilustrasi rig minyak lepas pantai
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
- Harga minyak dunia turun hampir dua persen pada perdagangan Rabu, setelah adanya penarikan besar-besaran pasokan minyak mentah AS, yang diimbangi dengan peningkatan persediaan bahan bakar minyak (BBM), termasuk diesel. 

Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik
Dilansir dari Reuters, kamis 27 Agustus 2015,  pasokan minyak mentah dari Amerika Serikat (AS) turun 5,5 juta barel pada pekan pertama hingga 21 Agustus lalu. Persediaan bensin juga naik 1,7 juta barel dibandingkan perkiraan lembaga Admistrasi Informasi Energi (EIA) AS yang memperkirakan akan ada penurunan 1,3 juta barel bensin. 

OPEC Berencana Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik
Untuk kontrak pengiriman bulan depan, minyak mentah AS turun 72 sen atau 1,8 persen menjadi US38,60 per barel. Sementara itu, minyak Brent turun 7 sen berada di level US43,14 per barel. 

Hingga saat ini minyak telah kehilangan sepertiga dari nilainya sejak pada Juni lalu karena produksi AS meningkat, melimpahnya pasokan dari Timur Tengah dan kekhawatiran penurunan permintaan di Asia. 

Pada hari Senin lalu kedua jenis minyak itu mencapai nilai terendahnya sejak awal 2009. Turun enam persen dalam satu sesi merespon penurunan kinerja pasar ekuitas global khususnya AS. 

"Kami memiliki hasil imbang, tetapi pasar perlu mengingat ini minggu yang meyakinkan," kata Analis Senior di Tradition Energy, Stanfort, Connecticut, Gene McGillian.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya