Terdorong Keuntungan Wall Street, Bursa Asia Ikut Melejit

Bursa Saham di Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao

VIVA.co.id - Bursa Asia bergeliat ke arah positif pada pembukaan perdagangan hari ini, ditandai pulihnya indeks Shanghai Composite China yang berambisi merebut kembali keterpurukannya beberapa hari ini.

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Perbaikan bursa Asia dan Pasifik tersebut didorong kinerja baik saham-saham di Wall Street yang berhasil ditutup dengan keuntungan terbesar sejak 2011. 

Baca juga: S
Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008

Dilansir dari CNBC, Kamis 27 Agustus 2015, kinerja ekuitas China dalam beberapa menit sejak dibuka langsung menembus level 3.010 poin. Menutupi kerugian kritis yang terjadi beberapa hari ini. 
Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Indeks Nikkei Jepang naik 1,8 persen pada pembukaan pagi ini didorong saham Toyota Motor yang memimpin kenaikan sebesar 3,5 persen. Sementara itu Saham Sony, Panasinic dan Canon meningkat di kisaran 1,9-4,5 persen. 

Sementara itu, Indeks Australia Standar & Poor's ASX 200 memperlebar keuntungan dengan naik 1,5 persen dalam beberapa menit setelah pasar dibuka. Penguatan tersebut didorong aksi beli yang dilakukan investor di berbagai sektor. 

Kemudian, indeks Kospi di Korea Selatan juga dibuka dengan kinerja positif , naik 0,9 persen di awal pembukann. Didorong oleh saham perusaan konsumen seperti AmorePasific dan LG Household & Healtcare masing masing menguat 3,6 dan 2,5 persen. 

Namun, saham blue Chips seperti Posco, turun 1,4 persen, smentara itu perusahaan penyulingan SK Innovation dan S-Oil juga dibuka menurun sebesar masing-masing 0,2 dan 0,9 persen. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya