Pembuat Angry Birds Pangkas Karyawan Hingga 39%

Angry bird
Sumber :

VIVA.co.id - Pembuat game Angry Birds, Rovio, akan memangkas hingga 39 persen pekerjanya. Perusahaan mengumumkan pemangkasan karyawan ini pada Rabu, 26 Agustus 2015.

Diperkirakan, sekitar 260 orang kehilangan pekerjaan akibat usaha Rovio menyusut dan produksi yang menyusut. Pemutusan hubungan kerja ini merupakan yang kedua kalinya dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan asal Finlandia ini telah melakukan banyak hal untuk mendorong pertumbuhan dengan memanfaatkan kesuksesan bisnis waralaba Angry Birds.

Bisnis waralaba yang dikembangkan seperti taman hiburan Birds bertema burung marah, layanan e-learning untuk anak-anak, serangkaian buku Angry Birds, serta online dan TV kartun seri berdasarkan berbagai permainan hewan.

"Dalam kondisi keuangan saat ini, kita sekarang harus fokus pada posisi yang terbaik," kata CEO Rovio Pekka Rantala seperti dilansir dari CNN Money, Kamis 26 Agustus 2015.

Ia mengakui perusahaan unggul dalam membuat game, namun PHK tidak akan mempengaruhi staf yang bekerja di Angry Birds dalam pembuatan film yang dijadwalkan akan dirilis pada 2016.

"Perampingan ini untuk membuat Rovio lebih gesit untuk bergerak maju dan membawa perusahaan mencapai keberhasilan baru di masa depan," kata Rantala.

Direstui, 8 Agustus Sebagai Hari Game Indonesia

Angry Birds diluncurkan pada 2009 dan terkenal di seluruh dunia dalam waktu kurang dari dua tahun.

Bagi banyak pengamat industri, berita tentang PHK tidak mengejutkan. Seperti Zynga (ZNGA), pembuat Farmville, dan King, pembuat Candy Crush, Rovio telah bertaruh terlalu banyak pada permainan populer tunggal.

Rovio sekarang membuat lebih dari 20 pertandingan. Beberapa yang lebih baru, seperti Retry, tidak terkait dengan Angry Birds sama sekali, dan telah melihat beberapa keberhasilan.

Tapi pada akhir Juli, perusahaan juga merilis Angry Birds 2, versi terbaru dari game gratis.

Rovio mengatakan versi baru telah diunduh hampir 50 juta kali dalam sebulan pertama, yang bagi perusahaan disebut sebagai "momentum yang baik."

Hari Game Indonesia

Hari Game Indonesia, Begini Cara Merayakannya

8 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Game Indonesia

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016