Ditemukan Cara Menjanjikan Matikan Sel Kanker

Ilustrasi kanker
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Peneliti di Amerika Serikat, mengaku telah memiliki cara ampuh untuk mematikan kanker. Caranya, yaitu dengan mengembalikan sel kanker ke jaringan tubuh yang sehat.

Cara ini telah diuji coba dalam sel jinak kanker payudara dan kandung kemih, dan disebutkan menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Dikutip dari Independent, Kamis 27 Agustus 2015, dalam uji cobanya peneliti di US Mayo Clinic, Florida memanfaatkan protein PLEKHA7 yang menjadi rumpun sel sehat.

Penelitian yang dipimpin Panos Anastasiadis itu, menemukan saat urutan sel yang berjalan tertib diganggu, sel-sel kanker dengan cepat muncul dan berkembang biak luar kendali. Tetapi, dengan menambahkan molekul microRNA, ilmuwan mampu mencegah kanker tersebut.

Ia menyebutkan, pemberian microRNA pada sel kanker bertujuan mengembalikan sel dalam tingkat normal. Skema itu juga, agar menjadi 'rem' untuk kemunculan sel kanker.

"Penelitian ini merupakan (temuan) biologi baru yang tak terduga. Ini memberikan kode, software untuk mematikan kanker. Percobaan awal pada beberapa jenis kanker yang agresif memang sangat menjanjikan," kata Anastasiadis, Kepala Depatemen Biologi Kanker Mayo Clinic.

Meski penelitian tersebut hanya dilakukan dalam tabung reaksi, tetapi itu telah mendapat pujian dari Cancer Research Inggris.

"Penelitian penting ini memecahkan misteri panjang biologi, tetapi kita tak harus bekerja dengan diri kita sendiri," ujar Henry Scowcroft, Senior Manajer Berita dan Multimedia Cancer Research Inggris.

Menurutnya, Scowcroft dengan memahami konsep kunci seperti pada penelitian tersebut akan membantu perjuangan dalam melawan kanker di masa depan.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di Nature Cell Biology. (asp)

Cara Sederhana Deteksi Kanker
Ilustrasi kanker.

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin

Di Indonesia, konsumsi gorengan dan rokok jadi bagian dari kebiasaan.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016