Bursa Asia Melanjutkan Penguatan, IHSG Ditutup Naik 0,3%

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
- Bursa saham Asia melanjutkan penguatan untuk dua hari berturut-turut pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 28 Agustus 2015. Indeks harga saham gabungan (IHSG) pun ditutup menguat sebesar 0,35 persen di posisi 4.446,20.

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Pergerakan IHSG tersebut, melanjutkan penutupan perdagangan kemarin, Kamis 27 Agustus 2015, yang berhasil melonjak 192,89 poin (4,55 persen) di posisi 4.430,63.
IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya


Sentimen positif indeks global terhadap pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, telah mendorong bursa Asia dan IHSG bergerak di zona hijau. Dilansir
Reuters
, Indeks MSCI Asia Pasifik, di luar Jepang, naik 1,2 persen.


Positifnya data ekonomi Amerika Serikat, yang dirilis semalam, berhasil meredam kekhawatiran pelaku pasar akan terjadinya krisis global. Sentimen positif ini juga memberikan dampak positif bagi indeks zona Eropa dan Asia yang ditutup menguat, karena dipicu aksi beli oleh para pelaku pasar.


Data Produk Domestik Bruto (GDP) AS di kuartal II 2015 ini meningkat menjadi 3,7 persen dari periode yang sama sebelumnya, yakni hanya 2,3 persen.


Penguatan Indeks Asia juga dipengaruhi oleh Indeks Tiongkok yang naik pada perdagangan hari ini sebesar 2,5 persen. Indeks Hong Kong Hang Seng menguat 0,3 persen, meski masih mengalami kerugian cukup besar, karena saham-saham anjlok pada awal pekan ini. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya