Menurut Ilmuwan, Ini Tampang Laut di Akhir Abad 21

Taman Laut Olele Gorontalo
Sumber :
  • Antara/ Adiwinata Solihin

VIVA.co.id - Laut di bumi, yang sangat biru dan indah, ternyata perlahan mulai berubah. Spesies bawah laut diperkirakan mulai mengubah komunitasnya dan memaksa komunitas lain untuk keluar.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Menurut prediksi ilmuwan, di akhir abad 21, ekosistem laut akan berubah. Sekitar 70 persen dari permukaan laut akan benar-benar berbeda total.

"Perubahan yang akan kita lihat ini merupakan respon dari perubahan iklim yang berkembang cepat dalam jutaan tahun terakhir. Bahkan ini perubahan paling cepat dalam sejarah bumi ini," ujar ahli ekologi laut, Ben Halpern dari UC Santa Barbara, seperti dikutip Gizmodo, Minggu, 6 September 2015.

Studi yang bertajuk 'Massive New Ocean Biodiversity Analysis' ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Climat Change. Halpern dan koleganya yang terlibat di dalamnya memetakan beberapa perubahan laut seperti perpindahan ekosistem laut yang berujung pada punahnya beberapa spesies.

Menurut Halpern, dengan menggunakan dua contoh perubahan iklim yang terjadi di abad 21, Halpern bisa memprediksi perubahan distribusi lebih dari 13.000 spesies di sepanjang laut, terutama laut yang mulai menghangat.

"Air ternyata mampu mempertahankan dan menghasilkan panas lebih banyak dari udara. Spesies dalam air merespon suhu sebagai kunci pemicu segala sesuatunya dalam kehidupan mereka," ujar Halpern.

Dengan kata lain, kata Halpern, suatu wilayah akan menjadi wilayah transmigrasi spesies lain. Ini akan menyebabkan spesies lama di wilayah itu akan tergusur. Sedangkan di sisi lain, ekosistem akan menghilang dan tidak lagi bisa diandalkan sebagai tempat hidup ekosistem laut.

"Skenario terburuk dari perubahan iklim menunjukkan, banyak spesies yang berpindah dari wilayah tropis karena area itu terlalu panas untuk mereka. Spesies koral juga bisa bermigrasi dan membuat komunitas baru tapi itu tidak akan terjadi. Malah berujung pada kepunahan," katanya menambahkan.

Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan

Untuk itu, salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengubah cara manusia berinteraksi dengan laut dan ekosistemnya. Jika tidak maka wilayah yang bergantung pada ekosistem laut secara tidak langsung akan memiliki perubahan pola hidup.

"Jika kita bisa berpegang teguh pada program reduksi karbon kita akan bisa meminimalisir efek buruk dari perubahan iklim."

Laporan Makin Mudah, Peneliti RI Kini Diguyur Bonus

(mus)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016