Senyum Merekah Amin Ikhsan di Hari Olahraga Nasional

Mantan atlet senam nasional, Amin Ikhsan
Mantan atlet senam nasional, Amin Ikhsan
Sumber :

VIVA.co.id - Di tengah kegetiran yang melanda Amin Ikhsan, terselip senyuman merekah darinya. Mantan atlet senam nasional yang sedang berjuang melawan penyakit gagal ginjal itu mendapat bantuan di Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2015.

Saat ini Amin dalam situasi memperihatinkan. Selain tengah berjuang melawan penyakit yang diidap sejak 10 bulan lalu, pria 42 tahun itu juga menjadi korban penggusuran Pemkot Bandung yang hendak melakukan revitalisasi kawasan.

(Baca: Kisah Getir Mantan Atlet Senam Nasional Korban Penggusuran)

Pada 9 September 2015, bertepatan dengan Haornas, Amin bisa tersenyum sejenak, saat dikunjungi teman-teman seperjuangan kala masih aktif menjadi atlet. Dia mendapat sumbangan Rp6.099.000, yang diharapkan bisa meringankan bebannya.

Mantan atlet senam nasional, Amin Ikhsan mendapat bantuan dana

Sumbangan tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang berlangsung dua pekan, 23 Agustus-6 September 2015. Kegiatan ini pun ditutup dengan acara "Fun Walk Haornas, Take Action for Amin Ikhsan" pada 6 September 2015.

Gerakan jalan kaki dari Gedung Sarinah Jakarta hingga Bundaran HI ini diikuti para atlet dan mantan atlet dari berbagai cabang olahraga. Tak sekedar berjalan kaki, dilakukan pengumpulan tanda tangan sebagai aksi dukungan positif untuk Amin.

Ketua pelaksana Fun Walk Haornas 2015 Take Action for Amin Ikhsan, Claudio Marselo, mengatakan kegiatan ini berawal dari idenya sendiri. Dalam rangka memperingati Haornas tahun ini, dia ingin memberi sesuatu yang bisa bermanfaat untuk Amin.

"Kebetulan Amin Ikhsan adalah senior saya juga di cabang senam. Inilah yang bisa kami lakukan untuk sedikit membantu dan memberi dukungan kepada Amin Ikhsan", kata Claudio dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

"Semoga kegiatan positif yang baru pertama kali dilakukan ini bisa berlanjut dan bisa membantu mantan atlet lainnya yang memang membutuhkan," lanjut pria yang akrab disapa Dio tersebut.

Sementara itu, usai menerima sumbangan, Amin berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukungnya. Pria yang sempat tampil di Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2014 itu pun berharap tak ada lagi yang bernasib sama dengannya.

"Pesan saya untuk teman-teman atlet dan masyarakat yang masih sehat untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Dan, memgonsumsi air mineral adalah kunci utama yang tidak boleh ditinggalkan," kata Amin.