Perlu Langkah Preventif untuk Cegah Konflik Antar Agama

Saleh Partaonan Daulay
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay, meminta pemerintah untuk mengambil langkah preventif dalam mencegah hal-hal yang dapat mencoreng kehidupan beragama, seperti kasus Tolikara.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Pihak keamanan, Pemda dan Kemenag harus ikut ambil bagian untuk menangani masalah Tolikara ini. Jangan sampai kasus seperti ini terulang lagi,” ujar Saleh.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Ia mengatakan bahwa persoalan Tolikara masih menyisakan berbagai macam masalah hingga saat ini. "Karena itu, jangan sampai luka yang belum sembuh itu diulang lagi,” ujanya.


Untuk itu, Saleh meminta agar Menteri Agama (Menag) melakukan pembicaraan khusus dengan berbagai pihak terkait untuk penanganan upaya damai di Tolikara dan mencegah hal tersebut terulang kembali.


"Menag berjanji akan melakukan komunikasi baik kepada pihak kepolisian maupun pada pemerintah daerah setempat khususnya kementerian agama yang ada di sana,” kata Saleh.


Menurutnya, negara harus mampu menjamin kemerdekaan setiap warga untuk memeluk dan beribadah sesuai kepercayaannya masing-masing. "Itu dijamin dalam konstitusi kita khususnya pasal 29,” ujar Saleh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya