Berkebun Bonsai, Hobi yang Bikin Jadi Jutawan

Koleksi Bonsai Dindin Rosidin di atas lahan hanya 300 meter persegi
Sumber :
VIVA.co.id
Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya
- Pohon Bonsai ternyata banyak memberi manfaat bagi pemeliharanya, selain bisa memberi sarana hiburan hobi yang murah, bonsai menjadi sumber penghasilan. 

Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone
Dindin Rosidin (58) warga Kampung Lampegan, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, salah seorang pehobi bonsai yang telah menekuninya selama puluhan tahun lalu. Menurutnya bonsai bisa mendatangkan uang, sekaligus sarana hiburan keluarga.

Kisah Shelby Clark Temukan Ide Aplikasi Penyewaan Mobil
"Saya memang hobi, sehari-hari saya selalu ada di kebun bonsai selepas bekerja, selain itu banyak pehobi bonsai datang untuk membeli," ujarnya, Sabtu 12 September 2015.

Bermodalkan lahan seluas 300 meter persegi, Dindin telah mengoleksi lebih dari 1.000 pohon bonsai dengan puluhan jenis tanaman, baik tanaman impor maupun lokal.

"Ya, sekitar 1.000 pohon lebih, ada tanaman luar (impor), ada tanaman lokal, sebagian masih ditanam di tanah sebagai percepatan pembentukan akar dan batang," ungkapnya.

Walapun masih dikategorikan bonsai bakalan, Dindin mengaku dirinya sangat senang, karena bisa menghasilkan uang dari penjualan bakalan bonsai. Selebihnya dirawat untuk dinikmati sehari-hari.

"Ya, kalau ada yang beli dan harganya cocok saya jual, tapi sebagian besar saya rawat," tambahnya.

Walaupun pendapatan dari bonsai tak menentu, karena komunitas pehobi bonsai di Garut tidak banyak, tiap bulan Dindin bisa menghasilkan pendapatan lebih dari posisinya sebagai kepala Sekolah Dasar. Rata-rata pendapatan mencapai Rp5juta rupiah. 

Untuk bonsai bakalan Dindin tidak mematok harga mahal sekitar Rp300 ribu per batang pohon, untuk bonsai yang sudah terbentuk antara Rp2 juta hingga Rp5 juta. 

Sedangkan bonsai yang siap dinikmati namun masih dalam pengembangan bisa mencapai Rp10juta. Sementara pemeliharaan bonsai bisa mencapai harga Rp5-10 juta, dan minimal telah dipelihara selama 5 tahun.

Dindin berharap banyak masyarakat yang juga mengikuti jejaknya, terutama bagi mereka yang tidak memiliki lahan tanah yang luas. Karena bonsai bisa ditanam di dalam pot, baik di halaman rumah, maupun di teras rumah.

"Selain untuk keindahan, jika di rumah banyak tanaman hijau, suasana rumah bisa lebih sejuk dan segar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya