Menikmati Sunset Jingga di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Merah di Banyuwangi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko
VIVA.co.id
Masuk Gua Kampret, Raline Shah Berbusana Calvin Stone
-  Banyuwangi terletak di ujung paling timur Pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo di utara, selat Bali di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di sisi barat.

VIDEO: Teluk di Gorontalo Diserbu Turis yang Ingin Lihat Hiu
 
10 Daerah Wisata Indonesia yang Gencar Dipromosikan
Di Banyuwangi terdapat pantai yang indah bernama pantai Pulau Merah. Pantai ini terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Penduduk lokal menyebutnya sebagai Pulau Merah lantaran tanahnya yang berwarna merah.
 

Bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sepanjang 3 km. Jika air surut, pengunjung dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah yang jaraknya hanya 100 meter dari bibir pantai. Keindahan bukit itu tampak dari tetumbuhan hijau yang menutupi warna merahnya.

 

Meski dinamakan Pulau Merah, ia juga memiliki hamparan pasir berwarna putih agak kecoklatan. Kemolekannya akan muncul kala musim kemarau tiba dan menyiratkan warna merah di kawasan pantai itu.

 

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi menjadi salah satu yang terkenal di Jawa Timur. Ia disukai sebagai salah satu tujuan wisata keluarga yang menarik. Tak hanya pantai yang semburatkan kemerahan, kawasan itu juga dikelilingi perairan yang masih asri dan bersih.

 

Pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan terbentang pada garis pantai sepanjang tiga kilometer. Tak beda dengan kawasan pantai lain, wisata matahari terbenam juga menjadi pemandangan yang syahdu di kawasan itu. Bayangkan, bila saat sunset akan terpancar sinar jingga kemerahan dari balik Pulau Merah.

 

Tak mengherankan bila turis mancanegara dan domestik doyan mengunjungi Pantai Pulau Merah. Menikmati selancar di ombak pantai pulau Merah yang memang disebut-sebut cocok untuk kegiatan surfing itu.


Berbagai fasilitas juga disediakan di sana. Laiknya kawasan pantai, di pantai Pulau Merah juga terdapat payung dan tempat berjemur yang disewakan oleh pihak pengelola. Pengunjung bahkan tak perlu repot mencari wisma atau hotel, sebab sejumlah hotel dan fasilitas akomodasi juga sudah tersedia. Lantas, bagaimana bila kita hendak menuju ke pantai Pasir Merah?


Menuju pulau Merah dari kota Banyuwangi sekitar 80 km menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 2,5 jam selebihnya juga diperlukan untuk mencapai lokasi tersebut.


Bagi Anda yang gemar berkendara angkutan umum, Anda bisa menggunakannya dari Terminal Brawijaya di Kota Banyuwangi. Bus merk Minto atau Ujang Jaya adalah moda yang pas untuk bisa tiba di pasar Pesanggaran. Perjalanan selanjutnya, Anda bisa menggunakan ojek menuju pantai Pulau Merah.

 

Jika Anda memulai perjalanan dari Jember, Anda bisa turun di Terminal Jajag, disambung dengan naik bus ke Pesanggaran.


Keaslian pantai Pulau Merah bisa Anda nikmati dengan membayar tiket masuk Rp3 ribu per orang. Sedangkan harga tiket di akhir pekan juga tak akan memeras dompet Anda, hanya sebesar Rp5 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya