Kekayaan atau Kemerdekaan?

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Manakah yang paling berharga? Kekayaan atau kemerdekaan? Banyak sekali orang menjadi kaya namun tidak merdeka.  Mengapa?

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Kekayaan itu simetris dengan kekuasaan.  Bagaimana kita bisa memperoleh kekayaan dan kekuasaan begitu saja tanpa terikat oleh superior atau kekuatan di atasnya?

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Contoh, seseorang menjadi agen showroom sepeda motor, maka seumur hidupnya termasuk anak istrinya tergantung kepada ATPM agen tunggal pemegang merek.

Ada distributor alat-alat perhotelan, mendapatkan TOP (term of payment) atau plafon kredit dari principal pabrik, maka seumur hidupnya dia menanggung kredit atau utang sesuai dengan tempo dan batas limit.  

Seperti grosir, untuk keluar dari lingkaran setan utang iutang beberapa grosir sering bedol ke luar negeri dan tokonya tutup. Alias kredit macet.  Ini sering terjadi.

Artinya menjadi kaya sering dianggap hidup merdeka.  Tidak.  Mungkin zaman dulu ada kekuarga konglomerat yang bebas utang, namun zaman sekarang setiap konglomerat terikat utang yang jumlahnya triliunan.

Mengapa kita perlu mengerti kondisi para orang kaya? Supaya kita bisa memahami pihak di balik tembok.  Jangan kita salah pikir di sebelah tembok mereka saling mengikat sedangkan kita hidup ingin bebas.  Tentu tidak nyambung bukan.

Di antara kita sering hidup ruwet dan terjerat utang, lalu akibatnya pindah lari ke kota lain, ini secara jangka panjang mempersulit diri sendiri.  Ibarat gara-gara uang Rp50 juta kita sudah mumet. Bagaimana kalau suatu saat diikat oleh utang yang lebih besar.

Seburuk apapun beban kehidupan harus kita tanggulangi, jangan pernah berpikir untuk lari.  Karena di masa depan mungkin kita akan terikat dengan orang kaya dan nilai utang-piutang jauh lebih besar.


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen.
Buku terbaru Money Intelligent: Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM) , Kategori : Manajemen, Harga:  43.800   
Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM.) , Kategori : Manajemen, Harga:  47.800  Mulai tersedia di toko-toko buku terdekat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya