Begini Cara Canggih Lindungi Data Rahasia

Chip yang bisa meledak secara mandiri
Sumber :
  • www.engadget.com

VIVA.co.id - Beragam cara dilakukan untuk mengamankan data penting dalam sebuah perangkat. Umumnya pengamanan data dilakukan dengan enkripsi, tapi cara ini juga masih rawan dari pembobolan.

Nah, kini peneliti di perusahaan riset Xerox PARC telah menghadirkan teknologi yang menawarkan cara baru mengamankan data penting dan rahasia.

Dikutip Engadget, Senin 14 September 2015, insinyur Xeroc PARC mengembangkan chip komputer yang bisa meledakkan diri secara mandiri. Cara ini dianggap akan menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan di masa depan dalam keamanan data. Dengan menghancurkan chip, data menjadi aman.

Dalam demonstrasi di laboratorium pusat riset militer AS (DARPA), chip tersebut bisa meledak berkeping-keping setelah mendapatkan sebuah stimulasi laser.

Untuk menghancurkan chip secara mandiri, insinyur menempatkan chip tersebut dalam sebuah wadah yang terbuat dari bahan Gorilla Glass, material kaca yang sudah populer digunakan pada layar perangkat mobile.

"Kami mengambil kaca dan kami mengeraskan pertukaran ion dalam kaca itu untuk membangun tekanan," ujar Gregory Whiting, ilmuwan senior PARC di Palo Alto, California.

Skema itu bisa menekan ruang dalam wadah kaca Gorilla Glass dan dengan mudah memecah chip saat dipicu dengan laser.

Peneliti mengatakan di masa depan chip ini tidak hanya bisa pecah berkeping-keping melalui pemicu laser saja, peneliti mengatakan bisa juga nanti chip dipecahkan dengan sinyal radio atau benda fisik lainnya.

Ini Bukti Sistem Keamanan Informasi RI Lemah

Peneliti mengatakan begitu chip hancur,  tidak mungkin diperbaiki lagi.

"Penerapan skema ini menarik untuk keamanan dana dan sesuatu yang seperti ini. Kami benar-benar ingin memunculkan sebuah sistem yang sangat cepat dan kompatibel dengan (perangkat) elektronik komersial," ujar Whiting.

Kantor Yahoo di AS

Hacker Jajakan 200 Juta Akun Pengguna Yahoo

Dijual di dark web seharga 3 bitcoins.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016