Kolombia Ingin Pasok Sapi ke Indonesia

Ilustrasi sapi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kolombia ingin agar produk daging mereka bisa masuk ke Indonesia. Namun, permintaan tersebut terganjal oleh aturan impor sapi.

Mendag Ogah Komentari Penundaan PPN 10 Persen Impor Sapi

"Mereka meminta untuk bisa masuk ke daging sapi, karena andalan mereka itu sapi," kata Ketua Komite Amerika Selatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Jacobus Dwihartanto di sela-sela acara '1st Investment Summit Colombia-Indonesia 2015' di Hotel J. W. Marriot, Jakarta, Senin 14 September 2015.

Ia mengatakan, Indonesia masih menggunakan aturan zona based untuk impor sapi, di mana sapi tersebut diimpor dari daerah yang bebas penyakit mulut dan kuku (PMK).
Harga Daging Sapi Tembus Rp120 Ribu per Kilogram

Indonesia pun masih memasok sapi dari Australia dan New Zealand yang dinyatakan bebas PMK.  "Dalam hal ini, kami belum menjawab apa-apa," kata Jacobus.
'Digoyang' Pengusaha, Aturan PPN Impor Sapi Bakal Direvisi

Dia melanjutkan, pihak Kolombia juga menanti kebijakan penyederhanaan regulasi dari pemerintah, terutama di sektor perdagangan, sehingga bisa memasok sapi-sapi mereka ke Indonesia. "Biar kita tidak tergantung dari Australia (untuk impor sapi)," kata Jacobus. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya