Peneliti: Manusia Bisa Kirim Virus Komputer ke Alien

Sumber :
  • www.techtimes.com/L.Bazals

VIVA.co.id - Peneliti Universitas Oxford, Inggris mengingatkan upaya pencarian kehidupan asing di luar bumi bisa bagi manusia.

Peneliti Future of Humanity Institute Universitas Oxford, Anders Sandberg mengatakan, manusia bisa secara tak sengaja mengirimkan (malware) ke mahluk asing atau alien.

Ini Bukti Sistem Keamanan Informasi RI Lemah

Dengan demikian, kata Sandberg, alien bisa merasa terganggu. Untuk itu, ia mengingatkan manusia, khususnya yang terlibat dalam pencarian kehidupan di luar angkasa, harus sangat hati-hati dengan pesan digital yang dikirimkan manusia di luar angkasa.

Dia mengatakan, ada beberapa contoh pesan klasik yang bisa membangunkan sentimen kehidupan asing di lua bumi. Sentimen itu bisa ditunjukkan oleh nomor biner, DNA, sketsa Tata Surya atau jumlah manusia.

Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien

"Tapi ternyata ada beberapa masalah keamanan. Bahasa bisa menyembunyikan banyak informasi. Kami khawatir tentang program komputer berbahaya (malware) yang terkirim ke alien," ujar Sandberg yang berbicara di forum British Science Festival seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa, 15 September 2015.

Sandberg mengatakan, beberapa orang telah berpikir manusia memang telah mengirimkan program virus berbahaya ke alam semesta. Meski mengingatkan potensi bahaya tersebut, Sandberg mengakui upaya pencarian kehidupan asing di luar bumi merupakan hal yang penting. Terutama untuk menambah pengetahuan manusia tentang kemungkinan maupun nasib kehidupan asing di alam semesta, apakah berbahaya bagi peradaban manusia atau tidak.

Pencarian kehidupan di luar bumi menjadi perhatian kelompok akademisi, astronom sampai filosof. Mereka mencoba membahas pesan universal apa yang bisa dikirimkan agar bisa mencapai kehidupan luar bumi tersebut.

Salah satu upaya itu dilakukan oleh jaringan di Inggris untuk pencarian kehidupan pintar di luar bumi (UKSRN). Jaringan ini telah bergabung dalam inisiasi yang disebut Breakthrough Message Initiative. Inisiasi ini mengundang publik di seluruh dunia untuk menyampaikan ide atau masukan pesan yang cocok dikirim ke antariksa. Program iniasi ini menawarkan hadiah sebsar US$1 juta bagi ide terbaik.

Hati-hati, Pesan Teks Ini Bisa Matikan Ponsel Android Anda

(mus)

Ilustrasi ransomware/malware.

Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru

Malware baru itu dinamakan QuadRooter.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016