Benarkah Indekos Lebih Irit dan Nyaman?

Ilustrasi kredit kepemilikan rumah.
Sumber :

VIVA.co.id - Bagi mahasiswa ataupun pekerja muda di daerah perkotaan, tinggal di indekos adalah pilihan logis. Apalagi bagi mereka yang tempat tinggalnya jauh, atau bahkan di luar kota. Rasanya pilihan untuk tinggal di indekos adalah pilihan yang logis.

Pentingnya Investasi Properti Sejak Muda, Ini Alasannya

Selain jarak dengan rumah, ada beberapa alasan yang bisa diambil untuk tinggal di rumah indekos, terutama dari sisi keuangan. Mari simak beberapa alasannya:

1. Lokasi

Suara mayoritas yang memilih tinggal di indekos adalah alasan agar jarak tempuh sehari-hari menjadi lebih singkat sehingga menghemat ongkos. Tidak hanya menghemat ongkos, tetapi juga waktu, tenaga, dan konsentrasi.

Di kota-kota besar, tidak sedikit sarana indekos yang dekat dengan lingkungan kampus maupun perkantoran. Lagipula, bila Anda menggunakan sepeda atau memilih berjalan kaki, justru sangat menguntungkan untuk kesehatan. Jadi bisa sekalian berolahraga.

2. Privasi penuh

Sering merasa  terganggu dengan kenakalan adik atau keisengan kakak? Belum lagi orang tua yang selalu ingin melibatkan Anda untuk pekerjaan di rumah atau orang tua yang selalu ingin mengajak mengobrol dan berdiskusi tentang masa depan.

Tinggal sendiri di indekos adalah solusinya. Bayangkan kalau barang-barang yang ada di kamar kita rusak karena kelalaian anggota keluarga di rumah. Tentu kita mungkin harus mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki atau membelinya lagi. Sementara kalau tinggal di indekos, tidak akan ada yang masuk tanpa izin kita ke kamar.

3. Tempat tinggal sementara yang murah

Jika anda berencana tinggal sementara di kota tertentu, indekos adalah pilihan yang tepat.

Banyak tempat indekos yang memperbolehkan membayar per bulan. Selain itu tarif indekos satu bulan tetap lebih murah daripada tarif hotel satu minggu.

Selain itu kita tidak direpotkan dengan kepemilikan atas bangunan tersebut. Sehingga tidak ada biaya pajak, biaya keamanan, dan biaya lain-lain.

Biaya-biaya di luar biaya bulanan untuk kamar yang seringkali diberlakukan adalah biaya listrik. Itu pun ada pula pemilik kos yang sudah membebankannya ke dalam biaya utama kamar.

Baca juga: Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

4. Menawarkan kenyamanan layaknya rumah

Kost untuk pekerja dan mahasiswa level menengah biasanya menawarkan kenyamanan layaknya rumah sendiri. Kebanyakan indekos juga merupakan bangunan rumah yang disewakan per kamar oleh pemiliknya. Jadi tidak akan sengsara-sengsara amat, karena kenyamanan yang ditawarkan oleh indekos tersebut.

Ini belum termasuk fasilitas ruang bersama, TV, dan kursi besar yang disediakan oleh pemilik indekos. Tinggal di indekos yang seperti ini akan tetap memberikan suasana kekeluargaan yang kita dambakan. Untuk kamu para pria, menonton bola di tengah malam tidak akan sendirian lagi.

Baca juga: Investasi Saham Syariah: Pengetahuan Umum dan Cara Investasinya

5. Hemat pengeluaran bulanan

Tarif indekos biasanya sudah termasuk biaya rekening listrik dan air, yang jika dibandingkan tinggal di rumah tarifnya relatif lebih murah. Jadi bagi yang melajang atau pasangan muda, pilihan tinggal di indekos adalah salah satu jalan untuk menabung.

Pasangan muda pekerja di kota-kota besar akan menghemat banyak hal dengan menyewa kamar indekos bulanan daripada menyewa rumah kontrakan tahunan. Sebab sewa rumah kontrakan dapat berujung pada pembelian alat-alat rumah tangga. Belum lagi anggaran besar di awal tahun untuk mengontrak.

Menyewa kamar indekos adalah pilihan logis secara finansial untuk yang baru saja bekerja. Artinya sambil mencari rumah idaman yang jaraknya terjangkau dari pabrik atau kantor, Anda bisa menempati kamar indekos untuk sementara.

Tentunya akan datang masa di mana Anda harus memiliki properti idaman. semisal rumah tapak di pinggiran kota atau apartemen terdekat dengan kantor.

6. Hemat tenaga

Tinggal di indekos berarti lebih sedikit ruangan untuk dibersihkan dan lebih banyak waktu untuk beristirahat sepulang beraktivitas.

Pembersihan kamar indekos cukup dengan disapu dan dipel. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar pembantu untuk membantu pekerjaan di rumah. Anda juga memiliki waktu membaca novel kesukaan Anda sepulang kuliah atau bekerja tanpa ada gangguan dari anggota keluarga yang lain.

Baca juga: Reksa Dana Pasar Uang: Investasi Mudah dan Menguntungkan

Kisaran Harga Sewa Indekos

Bagi yang belum pernah tinggal di kost mungkin penasaran seperti apa kondisi tempat tinggal yang disebut indekos ini. Fasilitas standar satu ruang indekos adalah tempat tidur, lemari, meja, dan penyejuk udara (kipas angin atau AC).

Dengan tarif yang lebih tinggi anda kadang bisa mendapatkan saluran televisi luar negeri, akses internet gratis, bahkan jasa laundry. Untuk kota Jakarta, tarif indekos berada di kisaran Rp700.000-Rp2.000.000 per bulannya.

Baca juga: Asuransi Jiwa Terbaik, Apa Dan Bagaimana Memilihnya?

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016