Danamon Peduli Gelar Kampanye Jelajah Pasar Rakyat

Danamon Peduli
Sumber :
VIVA.co.id
Sri Mulyani: Nilai Perjanjian WIEF US$900 Juta, Masih Kecil
- Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) melalui kampanye nasional bertajuk
Jelajah Pasar Rakyat Nusantara
Sri Mulyani Ingin UMKM Perluas Jaringan ke Luar Negeri
menggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional (pasar rakyat) di Indonesia. 

Saran Tanri Abeng untuk Dorong Ekonomi Tumbuh 8 Persen
Festival Pasar Rakyat yang diselenggarakan di Pasar Baru di Kota Probolinggo, Jawa Timur ini merupakan yang ketiga kalinya sekaligus untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Probolinggo yang ke-656, demikian keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu 16 September 2015.

“Pasar Baru yang berusia lebih dari satu abad ini memiliki nilai dan peran yang sangat penting dalam perkembangan Kota Probolinggo. Selain sebagai penyedia kebutuhan untuk masyarakat, pasar juga terbukti mampu menyediakan lapangan pekerjaan. Sudah waktunya kita bersama promosikan pasar rakyat sebagai salah satu aset bangsa yang paling berharga,” ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Program Festival Pasar Rakyat akan digelar di 12 kota di Indonesia, sebelumnya Pasar Festival Rakyat pertama diselenggarakan di Pasar Rau, Serang, Banten dan yang kedua dilaksanakan di Pasar Kembang, Surabaya.

Festival Pasar Rakyat ke-3 digelar di Pasar Baru, Probolinggo, Jawa Timur ini merupakan pasar rakyat tertua di Probolinggo. Pasar Baru Probolinggo merupakan salah satu pasar dampingan Danamon Peduli dalam program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat). Untuk penyelenggaraan kegiatan promosi pasar rakyat, Danamon Peduli menganggarkan dana lebih dari Rp 1 miliar.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota Probolinggo. Hadir dalam Pasar Festival Rakyat di Pasar Baru, Rukmini Buchori, Walikota Probolinggo; Muliadi Rahardja, Wakil Direktur Utama Danamon; dan Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. 

Melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli berupaya membuktikan bahwa pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudaya serta lebih dari sekadar tempat transaksional semata

Dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Baru ini, “Lomba Karnaval antar Pasar” adalah salah satu kegiatan utamanya. Tidak hanya beranggotakan pedagang, setiap kelompok peserta kirab juga mewajibkan unsur pelajar dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) turut menjadi bagian dari anggota kelompoknya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya