Kadin Perkuat Sinergi Sesama Asosiasi

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggalang kerja sama dan sinergi antar asosiasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
Hal ini menyusul, munculnya sebagian gambaran perkembangan ekonomi Indonesia yang melambat.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
"Kami mengharapkan, pemerintah dapat memberdayakan seluruh potensi bangsa yang dimiliki, agar mampu berperan dan berpartisipasi aktif mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi secara optimal," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Koordinator Asosiasi, Noke Kiroyan, dalam acara 'Rapat Kerja Nasional Bidang Koordinator Asosiasi Kadin Indonesia' di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu 16 September 2015.

Noke mengatakan, asosiasi-asosiasi bisnis pun perlu dilibatkan secara aktif untuk menggerakkan roda perekonomian. 

Dia menjelaskan, pada dasarnya, asosiasi bisnis ini dibentuk untuk memperjuangkan dan mengembangkan iklim usaha dan aspirasi masing-masing anggotanya. 

Maka, paparnya, keikutsertaan peran asosiasi bisnis dalam proses pembangunan nasional, menjadi penting agar hasil yang ditargetkan bisa terwujud sesuai harapan.

"Asosiasi memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kinerja anggotanya dengan mewujudkan iklim usaha yang kondusif, membuka peluang, dan mengembangkan usaha anggotanya. Karena itu, asosiasi diharapkan mampu menginisiasi, memfasilitasi, dan mendorong terjadinya transaksi bisnis," kata dia.

Noke menambahkan, kalau asosiasi mampu menjalankan fungsi tersebut, otomatis kegiatan bisnis akan meningkat dan secara langsung berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Dalam kondisi seperti saat ini, sudah saatnya mewujudkan kerja sama dan sinergi antar asosiasi dimulai dengan mengidentifikasi peluang apa saja yang dapat dikerja samakan sesuai dengan ruang lingkup bisnis masing-masing asosiasi," kata dia.

Menurut Noke, kegiatan usaha sebenarnya memiliki keterkaitan antar satu sektor usaha dengan sektor usaha lainnya. 

Dia menuturkan, apabila kerja sama antarasosiasi bisnis ini dapat terjalin dengan kuat, dapat dipastikan mampu memberikan multiplier effect yang besar dan tak terbatas pada para pelaku bangsa tersebut, tetapi juga terhadap ekonomi bangsa secara umum.

"Kadin sebagai induk dari wadah organisasi dunia usaha akan terus mendorong agar kerja sama di antara asosiasi bisnis bisa menjadi lebih baik," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya