Jangan Diikuti, Ini Ciri Orang yang Sulit Jadi Kaya

Ilustrasi belanja
Sumber :
  • 123rf.com
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Setiap orang tentu ingin kaya. Memiliki uang yang bisa memenuhi segala kebutuhan, membeli barang yang diinginkan, dan melakukan kegiatan liburan yang menyenangkan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Nyatanya, jauh panggang dari api, keinginan itu sulit untuk direalisasikan. Nah, semua itu tentu ada penyebabnya. Berikut, adalah alasan mengapa sebagian Anda sulit menjadi kaya. Apa saja?

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Lebih banyak pengeluaran

Sebuah survei dari Country Financial Survey (CSF) di Amerika Serikat pada 2012, mengungkapkan, banyak warga di sana yang suka hidup bermewah-mewah, padahal gaji mereka tidak mencukupi gaya hidupnya tersebut. 

Lebih dari 52 persen responden menghabiskan uang di atas gaji bulanannya. Artinya, mereka membiayai hidupnya dari utang. 

Hanya sekitar sembilan persen responden yang menyesuaikan gaya hidupnya sesuai dengan pendapatan mereka. Apakah hal ini juga terjadi pada kita?

Tidak punya dana cadangan

Menurut teori, idealnya dana cadangan yang perlu kita memiliki di tabungan adalah paling tidak enam kali total pendapatan bulanan. 

Tetapi, teori memang terkadang jauh dari praktik. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Suka utang

Seberapa sering Anda mengajukan pinjaman lunak kepada teman, atau anggota keluarga? Jika masih melakukannya, itu artinya Anda belum bisa menjaga kelancaran arus kas pribadi dengan baik. 

Dengan demikian, Anda masih bergantung kepada orang lain untuk membiayai sehari-hari. 



Suka produk baru

Sebuah barang edisi terkini belum tentu dapat menjadi sebuah investasi. Apalagi, jika barang-barang tersebut berupa gadget, koleksi fesyen, serta kendaraan keluaran terbaru. 

Mana barang-barang yang sering dibeli dan mengakibatkan tabungan Anda semakin menipis?
 
Tidak punya rencana

Ketika memiliki keinginan menjadi kaya, tetapi tidak pernah meluangkan waktunya untuk merencanakan masa depan keuangannya secara matang dan jelas, maka keinginan tersebut hanya akan berakhir sebagai sebuah impian belaka. 

Jadi, Anda seakan mencari-cari alasan, betapa banyak kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi saat ini dan menunda-nunda waktu untuk menabung dan berinvestasi. 

Tips dari kami, jika Anda kesulitan untuk merencanakan masa depan keuangan pribadi secara sendiri, Anda bisa menggunakan layanan penasihat keuangan yang terpercaya.

Selalu pesimistis

Permasalahan hidup terkadang membuat Anda merasa pesimistis. Padahal, untuk bisa maju Anda harus punya sikap optimistis. Ketika memutuskan ingin menjadi orang kaya, hal terpenting yang harus dimilikinya adalah optimisme dan keyakinan yang tinggi untuk mewujudkan impian tersebut.

Banyak orang kaya dunia yang bersedia untuk mengorbankan waktu dan tenaga serta secara konsisten menjalankannya. Sikap optimistis ini yang memotivasi mereka untuk terus menerus bekerja dan berusaha melipatgandakan kekayaannya. 

Salah satu cara agar Anda bisa tetap optimistis adalah dengan selalu berpikiran positif. Dengan begitu, Anda dapat menemukan celah positif dalam setiap masalah yang tengah dihadapi. 

Awalnya mungkin sangat sulit, namun cobalah mengambil energi dari masalah yang dihadapi dan gunakan untuk masa depan Anda. Kemudian, percayalah bahwa kerja keras Anda akan selalu membuahkan hasil. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya