Hari Ini, Komisi I DPR Tentukan Nasib Calon Dubes

Tantowi Yahya
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVA.co.id - Komisi I DPR RI akan menggelar rapat pleno terkait uji kelayakan dan kepatutan terhadap sembilan orang calon duta besar RI. Pleno akan digelar hari ini, Kamis, 17 September 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya mengatakan, posisi dubes sangat penting untuk menjaga komunikasi Indonesia dengan negara-negara sahabat. Dubes juga berfungsi membela kepentingan warga negara Indonesia di luar negeri. Menurut dia, Komisi I berwenang menilai siapa saja sosok yang tepat untuk mengemban tanggung jawab itu.

"Apabila kami nilai tidak layak, maka tidak cocok. Tapi 100% semua ada di Presiden," ujarnya, Kamis, 17 September 2015.

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR

Sebelumnya, Komisi I DPR RI telah melaksanakan tahapan fit and proper test calon duta besar yang dilakukan dalam tiga sesi. Pada sesi pertama, Komisi I menguji calo‎n duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran; calon duta besar LBPP untuk Republik Venezuela, Mayjend TNI (Purn) Mochammad Luthfie Wittoeng; dan calon duta besar LBPP RI untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi.

Baca juga:

Komisi II Bahas PKPU dengan KPU & Bawaslu


Pada sesi kedua uji kelayakan dilakukan terhadap Musthofa Taufik Abdul Latif, calon dubes LBPP untuk Oman; Marsekal Madya TNI) (Purn) Muhammad Basri Sidehabi untuk calon duta besar LBBP Qatar; dan Muhammad Ibnu Said calon duta besar LBBP untuk kerajaan Denmark.

Sedangkan sesi ketiga uji kelayakan dikuti Octavino Alimudin calon duta besar LBBP untuk Republik Iran; Rizal Sukma calon duta besar untuk Kerajaan Inggris merangkap Republik Irlandia dan IMO; dan Bagas Hapsoro calon dubes LBBP untuk Kerajaan Swedia.

(mus)

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016