Dosen Yogyakarta Ikuti ToT Sosialisasi Empat Pilar

Kepala Biro Persidangan MPR RI Muhammad Rizal
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Pemukulan gong sebanyak empat kali oleh Kepala Biro Persidangan MPR RI Muhammad  Rizal SH, M.Si  menjadi penanda dibukanya acara Pelatihan untuk pelatih (training of trainer).

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

Acara tersebut berlangsung di Rich Hotel Yogyakarta Kamis 17 September 2015.  Sebanyak 100 dosen dari 14 perguruan tinggi di lingkungan kopertais III Yogyakarta mengikuti acara ToT yang akan berlangsung dari 17-21 September 2015.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?

Kepala Biro Persidangan MPR RI Muhammad  Rizal

Turut hadir pada acara pembukaan Tot, tersebut   antara lain, Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesejahteraan Pemrov DIY Sulistio, Sekretaris Kopertais III DIY  Prof. Dr. Alwan  Khoiri MA, serta wakil rektor UIN Sunan Kali Jag Yogyakarta Dr.  H. Waryono.

Mewakili Pimpinan MPR Muhammad  Rizal SH, M. Si dalam sambutannya antara lain mengatakan,  Indonesia berdiri dengan tujuan yang jelas yaitu, kesejahteraan, kecerdasan dan ikut terlibat dalam perdamaian dunia.


Keterlibatan para dosen dalam kegiatan ToT menurut Rizal sangat penting.  Karena di tangan merekalah bergantung kecerdasan para  mahasiswa. Dengan kata lain, cerdas tidaknya para mahasisnya turut ditentukan oleh para dosen.  Padahal, hanya dengan kecerdasan itulah, kesejahteraan bangsa ini dapat diperjuangkan.


"Dan dengan kecerdasan, Indonesia akan membuat dirinya  duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, dengan negara lain,” kata M. Rizal.


Pada kesempatan tersebut M. Rizal juga mengatakan ToT merupakan salah satu bentuk sosialisasi. Selain Tot masih banyak bentuk-bentuk sosialisasi yang dilaksanakan MPR. Tugas melaksanakan sosialisasi kata Rizal tidaklah  mudah. Tugas tersebut tidak seharusnya hanya  dilakukan pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat termasuk dosen. Bahkan keterlibatan dosen dalam ToT bisa memili makna yang strategis karena dapat langsung disampaikan kepada para mahasiswa.


"Cita-cita bangsa akan terwujud kalau semua kita bisa melaksakan empat pilar dengan baik dan penuh tanggungjawab,” kata Rizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya