Kenakan ‘Kerudung Buruk’ Wanita Iran Didenda $260

wanita Iran
Sumber :
  • foreignpolicyblog.com
VIVA.co.id
Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya
- Dua wanita Iran didenda sebanyak US$260 oleh pengadilan karena menggunakan kerudung dengan buruk. Keduanya dianggap tidak berkerudung sesuai aturan.

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah

Iran memiliki aturan sendiri soal kerudung. Di negara tersebut, ketika di depan umum, semua wanita di Iran bahkan orang asing diwajibkan untuk memakai kerudung yang longgar, yang menutupi rambut dan leher.
Charlize Theron: Wanita Semakin Khawatir Jadi Tua


“Dalam beberapa hari terakhir beberapa kasus telah dajukan di pengadilan untuk jilbab buruk (tak sesuai aturan) dan dua dari mereka didenda dengan membayar 9 juta rial ($260 atau sekitar Rp3,6juta) dalam bentuk tunai,” kata pejabat pengadilan Arman seperti dilansir
Al-Arabiya
, Rabu 15 September 2015.


Sejak pertengahan tahun 1990, telah terjadi peningkatan bertahap untuk aturan berpakaian di Iran. Kini, di negara dengan 12 juta penduduk itu, kebanyakan wanita mengenakan kerudung dengan panjang minimal sebahu.


Sejak pemilihan presiden moderat Hassan Rowhani pada 2013 lalu, reformasi politik dan sosial di Iran diawasi pemerintah.


Awal bulan ini, seorang pejabat polisi mengatakan bahwa ia menyita mobil yang dikemudikan oleh wanita karena ia ketahuan tidak mengenakan kerudung ketika mengemudi.


“Seorang sopir (perempuan) di dalam mobil mengenakan kerudung tidak benar atau tidak mengenakannya, maka kendaraan disita sesuai dengan hukum,” kata Kepala Polisi Lalu Lintas Umum Teheran, Teymour Hosseini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya