20-19-1973: Runtuhnya Kesombongan Raja Tenis

Billie Jean King
Sumber :
  • VIVA.co.id/care.org

VIVA.co.id - Hari ini, 42 tahun yang lalu, sebuah pertandingan tenis yang sangat seksis digelar. Pertandingan ini mempertemukan seorang pemain perempuan peringkat pertama dunia, Billie Jean King, yang masih berusia 29 tahun, dengan Bobby Riggs, mantan pemain peringkat pertama pria dunia yang berusia 55 tahun.

PB Pelti Gelar Turnamen Indonesia Men's Future 2016

Riggs (1918-1995), adalah seorang pria yang selalu menganggap perempuan lebih rendah dibandingkan laki-laki, dalam hal apa pun. Riggs berulang kali mengatakan, atlet perempuan tak akan kuat menghadapi tekanan permainan, dan bahkan di usianya yang sudah menjelang senja saat itu, ia sesumbar akan mampu mengalahkan semua pemain perempuan.

Pertandingan yang di gelar di Houston Astrodome, Amerika ini mendapat perhatian besar. Lebih dari 30.000 orang menjadi saksi di stadion tersebut, dan lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia menunggu tayangan tersebut di televisi.

Dikutip dari BBC, King datang ke pertandingan mengenakan busana Cleopatra. Ia datang menggunakan tandu berwarna emas yang dibawa oleh laki-laki yang berdandan ala budak masa lalu. Sementara Riggs datang menggunakan rickshaw, yang ditarik oleh model perempuan.

Pertandingan ini akhirnya dimenangkan oleh King. Ia berhasil menaklukan Riggs, dengan angka 6-4,6-3,6-3.

Menurut pengamat olahraga legendaris, Howard Cosell, pertandingan ini bukan hanya membantu menguatkan legitimasi tenis profesional dan atlet perempuan. Namun lebih dari itu, kemenangan King menjadi kemenangan hak perempuan secara umum.

Kejutan Lagi dari Tenis Olimpiade, Serena Williams Keok

(mus)

Ilustrasi Peregangan

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Ada banyak manfaatnya, apa saja?

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016