Mengintip Eksotisme 'Air Terjun Api'

air terjun api
Sumber :
  • amusingplanet.com

VIVA.co.id - Air terjun yang jatuh dari ketinggian biasanya akan berwarna putih dengan deburan dan percikan air yang kadang memberi pendar pelangi. Namun, pernahkah Anda melihat yang jatuh adalah 'api?

9-9-1850: California Jadi Negara Bagian ke-31 di AS

The Horsetail Firefall atau Air Terjun Ekor Kuda di Taman Nasional Yosemite, California adalah sebuah tontonan menakjubkan. Ini adalah air terjun yang mengalir musiman pada musim dingin dan awal musim semi.

Api seperti yang tampak dalam foto bukan api sungguhan, melainkan pantulan cahaya matahari menjelang terbenam yang bertemu dengan suhu tertentu air yang mengalir. Pertemuan air dan cahaya matahari senja itu menghasilkan warna menakjubkan seperti kilatan api, sehingga air yang jatuh terlihat seperti lava yang mengalir.

Melihat Eksotisme Empat Air Terjun Terindah di Dunia

Air tersebut jatuh dari ketinggian sekitar 480 meter di pegunungan batu El Capitan. Perpaduan air yang mengalir dengan warna kuning emas dan pegunungan batu sebagai latar belakangnya menjadi pemandangan yang eksotis dan menakjubkan.

Setiap tahun, ratusan fotografer dan ribuan pengunjung berebut untuk mendapatkan kesempatan menyaksikan keajaiban tersebut. Mereka rela menunggu lama demi pemandangan yang hanya terlihat selama 10 menit setiap tiba musimnya.

Empat Air Terjun Mengagumkan di Dunia

Lembah Yosemite ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1851. Tetapi saat itu belum pernah ada penjelasan mengenai air terjun itu. Fenomena ini pertama kali ditangkap pada tahun 1973 oleh Galen Rowell. Namun pemberitaan mengenai air terjun "api," di California ini baru mencapai puncaknya setelah era internet menguasai dunia.

(mus)

Image source: aura-ilmu.com

Langka, Air Terjun Bercahaya Keemasan Ini Bak Aliran Lahar

Tersimpan fenomena alam mengagumkan sekaligus langka di sana.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2015