Edward Snowden Ungkap Kenapa Alien Susah Ditemukan

Sumber :
  • REUTERS/Mark Blinch/Files

VIVA.co.id - Kehidupan mahluk asing di luar bumi (alien) masih menjadi misteri. Sejauh ini, peneliti masih bekerja keras untuk menemukan alien.

Namun, pembocor dokumen rahasia pemerintah Amerika Serikat, Edward Snowden, punya teori kenapa manusia sampai saat ini sulit untuk menemukan alien.

Lima Lukisan Kuno Ini Buktikan Adanya Alien

Dalam sebuab talkshow virtual secara jarak jauh yang dipandu oleh ahli astrofisika Neil deGrasse Tyson itu, Snowden membeberkan rahasia komunikasi alien.

Mantan karyawan kontrak Badan Keamanan AS (NSA) itu memiliki jawaban yang mengguncang, saat merespons pertanyaan asumsi peradaban alien menggunakan pesan terenkripsi.

Dikutip dari Business Insider, Minggu 20 September 2015, Snowden mengatakan penghalang komunikasi manusia dengan alien adalah enkripsi yang dipakai makhluk asing tersebut.

Pria yang kini tinggal di Rusia itu mengajak untuk berasumsi peradaban alien itu menyadari mereka harus mengenkripsi komunikasi mereka agar mereka terlindungi dari kejaran manusia.

Ia mengatakan komunikasi peradaban alien kemungkinan berpadu ke dalam latar belakang statis alam semesta. Disebutkan, radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik merupakan radiasi termal di alam semesta yang tersisa dari proses Big Bang. Bagi manusia yang awam, gelombang mikro itu terlihat dan terdengar statis.

"Jika Anda memiliki peradaban alien yang mencoba mendengarkan peradaban lain, atau peradaban kita mencoba mendengarkan lain, hanya ada satu periode singkat yang mana komunikasi alien akan dikirim melalui (pesan) yang paling primitif dan paling tidak terlindungi," kata dia.

Setelah itu, kata Snowden, peradaban alien makin menyadari manusia makin mengembangkan teknologi canggih untuk mengungkap peradaban asing tersebut.

Makanya, ujar dia, peradaban alien akan segera mengenkripsi komunikasi mereka agar tidak bisa dikenali oleh manusia.

"Jadi, saat kita berpikir segala sesuatu yang kita dengar dari satelit kita, atau segala sesuatu yang mereka dengar dari peradaban kita, semua komunikasi mereka akan dienkripsi secara langsung," kata Snowden.

Terkait adanya klaim dari peneliti yang mengatakan pernah mendapatkan sinyal komunikasi alien, Snowden menganggap itu hanyalah kesalahan manusia.

Foto 'Hantu Alien' Ini Ikut Selfie di Pesawat

"Jadi, apa yang kita dengar itu sebenarnya adalah pesan yang tidak bisa dibedakan dari radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik," kata dia. (asp)

Ilustrasi planet luar tata surya.

Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien

Alien diduga juga sedang berupaya mendeteksi manusia.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2016