Pacu Pendapatan Berulang, PP Properti Operasikan 3 Mal Baru

Ilustrasi Desain proyek PT PP Properti
Sumber :
  • pp-properti.com

VIVA.co.id - PT PP Properti Tbk, (berkode saham PPRO) berencana mengoperasikan tiga mal baru dalam tiga tahun ke depan, untuk menggenjot pendapatan berulang (recurring income) perseroan.

Direktur Utama PP Properti Taufik Hidayat, dalam keterangan tertulisnya, Senin 21 September 2015, mengatakan melalui pengoperasian tiga mal baru tersebut, emiten berkode saham PPRO ini menargetkan dapat meningkatkan kontribusi recurring income dari saat ini sekitar lima persen menjadi 10 persen.

“Saat ini, kontribusi reccuring income dari dua hotel kami, yaitu Park Hotel Jakarta dan Bandung, serta satu mal di Surabaya, masih sekitar lima persen. Diharapkan akan menjadi sekitar 10 persen dalam tiga tahun ke depan,” ujar dia.

Ketiga mal yang akan dioperasikan perseroan berlokasi di Grand Kamala Lagoon di Kalimalang, Bekasi, serta Grand Sungkono Lagoon dan Grand Dharmahusada Lagoon di Surabaya.

“Nilai investasi untuk mal di Grand Kamala lagoon sekitar Rp130 miliar. Untuk mal di Grand Sungkono Lagoon dan di Dharmahusada lagoon, masing - masing sekitar Rp200 miliar. Jadi, untuk nilai investasi ketiga mal tersebut, kisaran Rp530 miliar," ungkap Taufik.

Sebagai gambaran, PPRO tengah membangun beberapa mega proyek di Indonesia, yang memiliki nilai investasi tinggi. Hal ini, merupakan bagian dari rencana ekspansi usaha untuk menggenjot kinerja.

Sepanjang tahun ini, PP Properti meluncurkan beberapa proyek, antara lain Grand Kamala Lagoon di Bekasi, seluas 28 hektare yang telah dimulai pengerjaan tahap pertama pada tahun lalu. Untuk proyek ini, perseroan akan membangun sekitar 38 tower apartemen, mal, sekolah, water garden, dan sejumlah fasilitas lainnya.

Perseroan juga meluncurkan Grand Sungkono Lagoon seluas 3,5 hektare dan Grand Dharmahusada Lagoon di Surabaya. Kawasan tersebut, dibangun dengan konsep mixed used (bangunan terpadu) yang memadukan kawasan hunian dan komersial.

Untuk diketahui, mal tersebut merupakan bagian dari fasilitas terintegrasi bagi penghuni apartemen. Hal ini, sesuai dengan konsep desain yang diusung PP Properti bagi ketiga mall tersebut, yaitu “Beyond Space”. Konsep tersebut akan memenuhi segala kebutuhan para penghuni apartemen, seperti daily needs, daily activities, dan daily entertaiment.

Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru

“Saat ini, Mall Grand Kamala Lagoon dan Mall Grand Sungkono Lagoon sedang tahap konstruksi. Sedangkan Mall Grand Dharmahusada Lagoon, rencana mulai konstruksi akhir tahun ini. Ketiga mal tersebut akan menjadi pusat destinasi baru di Kalimalang dan Surabaya,” ungkapnya.

Optimistis capai target

Pengembang Malaysia Garap Properti di Maja Rp11,29 Triliun

Di sisi lain, perseroan menyambut baik rencana pemerintah untuk tidak menurunkan batas nilai transaksi properti yang terkena Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBm). Saat ini, perseroan memiliki produk dengan harga jual yang menyasar pasar menengah-bawah dan menengah.

Karena itu, perseroan optimistis dapat terus memacu kinerja untuk mencapai target yang ditetapkan, walaupun kondisi perekonomian nasional saat ini tengah bergejolak.

“Hanya sekitar 12 persen, produk hunian di Grand Sungkono Lagoon Surabaya, yang harganya di atas Rp2 miliar,” papar Taufik.

Optimisme ini sejalan dengan kinerja positif PPRO sepanjang semester pertama tahun ini. Laba PPRO melonjak hingga 827,9 persen menjadi Rp142,9 miliar, dari Rp15,4 miliar pada semester pertama 2014.

Pada periode yang sama, penjualan dan pendapatan usaha perseroan juga meroket 498,5 persen menjadi Rp700,83 miliar, dari Rp117,09 miliar secara year on year.

Saat ini, perseroan memiliki cadangan lahan (landbank) sekitar 60 hektare, sehingga masih cukup potensial untuk dilakukan pengembangan usaha yang dapat mendukung kinerja di masa mendatang. (ren)

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda

Tips Jadi Pemain Baru di Sektor Properti

Kunci sukses bisnis properti adalah inovasi dan kreativitas.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016