DPR: Pelayanan Haji di Armina Meningkat Signifikan

Ribuan tenda di Mina, Arab Saudi
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto
VIVA.co.id - Tim Pengawas Haji Komisi VIII DPR menilai ada peningkatan signifikan pelayanan haji di daerah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) pada tahun 2015. Tiga daerah itu ialah tempat kegiatan utama ibadah haji, seperti wukuf dan melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan).
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Tim Pengawas Haji telah memeriksa persiapan Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji Kementerian Agama di tiga daerah itu pada Sabtu pekan lalu. 
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

"Secara keseluruhan, Armina sudah siap menerima para tamu Allah untuk wukuf dan mabit. Ada peningkatan yang signifikan yang saya lihat, tenda yang terlihat kokoh, beberapa karpet baru, fasilitas aircoolder (pendingin) juga tersedia," kata Maman, dikutip dari laman resmi DPR, Dpr.go.id, pada Senin, 21 Agustus 2015.
Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Tim pengawas DPR memeriksa berbagai fasilitas dan sarana jemaah haji selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Di antaranya dapur umum, kamar mandi, tenda, alat pendingin (water cooler), karpet, dan ketersediaan air.

Semua fasilitas itu, menurut Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, sesuai janji Kementerian agama kepada Dewan ketika pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Termasuk penyediaan sarana water cooler yang baru tahun ini diadakan.

Saleh menjelaskan, berdasarkan pantauannya, setiap maktab diisi sekira 3.000 jemaah. Setiap maktab disediakan sepuluh kamar mandi laki-laki dan sepuluh kamar mandi perempuan. Masing-masing maktab difasilitasi water cooler sebanyak 60 unit. Sementara karpet yang disediakan di seluruh maktab Indonesia adalah fasilitas yang diberikan secara gratis oleh muassasah.

Namun, Mama memberikan catatan, ketersediaan toilet atau WC umum akan terasa kurang jika jemaah sudah terkonsentrasi Armina. Selain itu, hal lain yang juga harus diantisipasi adalah suhu yang diprakirakan mencapai 50 derajat celsius.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya