Pendidikan Dini Harus Berorientasi Memupuk Karakter Bangsa

Pelatihan Atletik Anak Usia Dini "Kids Athletics"
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Anggota Komisi VIII DPR Itet Tridajaja, menekankan pemerintah terhadap pentingnya pendidikan anak sejak dini. Tidak hanya pendidikan yang bersifat kognitif, tetapi juga pendidikan untuk menumbuhkan karakter bangsa.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Kita berpendidikan ini untuk menentukan nasib bangsa. Nasib bangsa ini sebetulnya ada dalam karakter bangsa. Jadi pendidikan itu tidak hanya aspek kognitifnya, tapi juga bagaimana merubah pola pikir negatif mereka,” ungkap Itet.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Pola pikir negatif inilah yang menurut Itet dapat menimbulkan berbagai penyimpangan seperti kekerasan dan bullying di sekolah.


"Yang lebih bahaya, apabila perilaku penyimpangan ini sudah menjadi kebiasaan seperti kebiasaan malas, mencuri, bahkan sampai korupsi", ujar Itet.


Ia mengatakan apabila kebiasaan ini dibiarkan terus, maka akan tumbuh menjadi karakter. "Jadi nasib kita kedepan ditentukan oleh karakter bangsa kita,” kata Itet.


Hal inilah yang menurutnya perlu menjadi perhatian serius bagi Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan.


Untuk benar-benar merubah pola pikir anak, Itet mengatakan bahwa hal ini tidak terlepas dari peran orang tua. "Mungkin perlu diadakan kegiatan ekstrakulikuler yang melibatkan orang tua untuk memberikan wawasan mereka mengenai bebagai hal seperti kebersihan dan bagaimana menggunakan gadget,” ujar Itet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya