Campuran Biodesel Pertamina dan PLN Kurangi Impor US$1,9 M

Terminal BBM Pertamina Madiun.
Sumber :
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Tahun depan, kadar campuran biodiesel untuk PT Pertamina dan PT PLN akan ditingkatkan, tujuannya untuk menghemat impor hingga miliaran dolar AS. 

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, Selasa 22 September 2015, mengatakan tahun ini kadar biodiesel yang sesuai mandatori sebesar 25 persen untuk PLN dan 15 persen untuk Pertamina.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
"Tahun 2016, rencananya persentase pencampurannya 20 persen (untuk Pertamina) dan khusus PLN 30 persen," kata Dwi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Menurutnya, Pertamina menargetkan ada sebanyak 5,14 juta kiloliter (KL) biodiesel yang terserap. Biodiesel ini nantinya akan disalurkan untuk kebutuhan solar industri dan PLN.

"Tahun depan, (penyerapan) 5,14 juta KL bisa mengurangi impor US$1,9 miliar. Itu bisa mengatasi permasalahan ekonomi kita," kata dia.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir menambahkan, tahun ini BUMN listrik ini menargetkan penyerapan biodiesel sebesar 266 ribu KL. Sampai akhir Agustus, 
biodiesel yang terserap sebesar 156 ribu KL.  "(Sekitar) 100 ribu KL lagi yang akan diserap pada 2015," kata Sofyan.

Dia mengatakan bahwa tahun 2016, PLN menargetkan biodiesel yang terserap sebanyak 1 juta KL. "Kami akan membeli langsung dari Pertamina," katanya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya