Oktober, PLN Dapat Subsidi dari Dana Kelapa Sawit

Biodiesel
Sumber :
  • citizenact.com
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Perubahan kebijakan terkait penggunaan dana biodiesel yang dihimpun Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP) nantinya tak hanya dinikmati PT Pertamina (Persero). PT PLN (Persero) pun akan mendapat dana dukungan biodiesel dari BPDP, yang mulai mengucur bulan depan.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
"Mulai 1 Oktober ini dukungan itu diberikan kepada PLN," kata Kepala BPDP, Bayu Krisnamurthi, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 22 September 2015.

Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok
Menurutnya selisih harga fame dengan solar akan ditutupi dengan dana sawit. Pemberian dana dukungan ini diberikan untuk solar bersubsidi dan solar untuk PLN.

"Selisih harga tetap didukung dana sawit dengan perubahan ini," kata dia. Bayu mengatakan bahwa tahun ini BPDP menyediakan dana sebesar Rp2,5 triliun untuk biodiesel. Dana ini akan dialokasikan untuk subsidi Pertamina dan PLN.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mengatakan bahwa pihaknya siap menerapkan campuran 30 persen biodiesel untuk solarnya.

Tahun ini, PLN menargetkan penyerapan biodieselnya sebesar 266 ribu kiloliter (KL), sedangkan tahun depan, akan terserap 1 juta KL.  "Kami akan membeli langsung dari Pertamina," kata Sofyan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya