Video: Intip Senjata Luar Angkasa Buatan NASA

Space camp NASA
Sumber :
  • www.theguardian.com/Todd Anderson

VIVA.co.id - Badan luar angkasa Amerika (NASA) sedang menciptakan senjata luar angkasa. Senjata itu adalah yang pertama diciptakan untuk ditembakkan ke asteroid.

Dilansir melalui New York Post, Selasa 22 September 2015, perusahaan yang diajak NASA adalah HoneyBee Robotics, berbasis di Brooklyn, Amerika. Teknologi senjata luar angkasa ini dianggap sebagai kunci untuk misi pengiriman manusia ke Mars.

Dengan kata lain, dijelaskan pihak HoneyBee Robotics, senjata ini memang bisa difungsikan sebagai penghancur asteroid ke depannya. Namun untuk sementara ini, fungsinya hanya sebagai alat uji coba kekuatan asteroid dan batu luar angkasa lainnya.

"Senjata ini bagian dari Asteroid Redirect Mission milik NASA. Hanya sebagai media untuk bisa mencari tahu berat massa asteroid melalui pengambilan sampel," ujar Kris Zacny, VP dan Direktur Eksplorasi HoneyBee Robotics.

Menurut dia, mengumpulkan dan menentukan karakter dari sampel asteroid merupakan hal penting dalam sains dunia. NASA pun berharap ini akan menjadi langkah baru bagi eksplorasi manusia ke Mars.

Teknologi ini memang masih dalam sebuah konsep namun telah ditentukan sebagai bagian dari program asteroid NASA.

Senjata ini akan berfungsi dengan cara mencabut potongan asteroid keluar dari orbit, kemudian membawanya dekat ke bulan sehingga bisa lebih dekat untuk diteliti para ilmuwan.

Teleskop Penemu 1.000 Planet Rusak Lagi
Ilustrasi asteroid dekati Bumi.

NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi

Pesawat OSIRIS-Rex akan diluncurkan September 2016

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016