Xiaomi Rilis Layanan Operator Telekomunikasi

kartu SIM operator
Sumber :
  • wisegeek.com

VIVA.co.id - Vendor perangkat mobile Tiongkok,memberi kejutan dalam peluncuran ponsel pintar Xiaomi Mi 4c. Bukan soal spesifikasi ponsel pintar anyar tersebut yang jadi kejutan, melainkan deklarasi Xiaomi yang peluncuran nirkabel.

Xiaomi Bangun Gerai Penjualan Bareng Erajaya

Layanan operator Xiaomi yang dinamakan Mi Mobile itu mengiringi rilis Mi 4c. Dengan demikian, Mi Mobile akan bersaing dengan layanan operator raksasa yang sudah ada di Tiongkok, yaitu China Mobile, China Unicom dan China Telecom.

Dikutip dari Reuters, Rabu 23 September 2015, dengan merilis Mi Mobile maka Xiaomi menjadi penyedia Mobile Virtual Network Operation (MVNO). Istilah ini merujuk pada layanan mobile yang menyewa atau memakai spektrum frekuensi milik operator mobile (Mobile Metwork Operator).

Dengan menjadi MVNO, Xiaomi akan membeli kapasitas jaringan dari operator telekomunikasi besar dan kemudian menjual layanan dengan merek dan bisnis model baru.

Langkah Xiaomi ini menjadi warna baru bagi bisnis telekomunikasi di Negeri Tembok Besar tersebut. Sebab selama ini industri telekomunikasi dikuasai tiga operator tersebut.

Mi Mobile akan menawarkan layanan suara dan data, dengan memanfaatkan jaringan China Unicom dan China Telecom.

Laman Phone Arena melaporkan, layanan Mi Mobile tersedia dalam dua opsi. Pertama paket pay as you go yang mana pengguna akan ditarik biaya US$0,02 untuk biaya panggilan suara per menit, per SMS dan per MB data.

Kemudian opsi kedua yakni paket bulanan dengan dikenai biaya US$9,25. Pada opsi ini pengguna akan mendapatkan 3 GB data per bulan. Opsi pay as you go akan tersedia mulai 23 September dan opsi langganan bulanan tersedia pada Oktober.

Rilis Mi Mobile muncul kurang dari enam bulan setelah Google mengumumkan layanan MVNO-nya yang hanya tersedia di pasar Amerika Serikat. Layanan MVNO Google itu disebut Google Fi.

Selain Google dan Xiaomi, perusahaan perangkat lain yaitu Apple juga dirumorkan ingin terjun ke bisnis MVNO, meskipun produsen iPhone tersebut tidak mengungkapkan rencana atau informasi tersebut.

Xiaomi Disukai Anak Muda, BlackBerry Idola Kaum Tua
Xiaomi debut produk perdana laptop dengan Mi Notebook Air

Intip Laptop Perdana Xiaomi, Pesaing MacBook Air

Xiaomi merilis Mi Notebook Air.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016