Enam Solusi Hindari Bangkrut Saat Kena PHK

Ilustrasi PHK
Sumber :

VIVA.co.id - Masalah finansial merupakan masalah yang paling banyak dihadapi masyarakat Indonesia dewasa ini. Nilai tukar rupiah yang tidak stabil ditambah kondisi perekonomian yang gonjang-ganjing, kerap dijadikan alasan para pemilik usaha untuk merumahkan pekerja, atau pegawainya.

Bila Anda seorang pegawai kantoran, tidak ada yang tahu apakah Anda akan mengalami gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), sehingga ada baiknya Anda bersiap untuk kemungkinan terburuk tersebut. Strategi itu penting, supaya kamu tidak mengalami kebangkrutan karena terpaksa harus berhenti bekerja.

Daripada terus terusan khawatir dan galau, ada baiknya Anda mengikuti enam tips di bawah ini untuk menghindari bangkrut seandainya Anda terpaksa harus berhenti dari tempat kerja.

Pergunakan dana darurat

Dana darurat ini bisa Anda peroleh dari gaji bulanan yang disisihkan sejak jauh hari.  Dana darurat ini bisa dikumpulkan dengan cara memperketat pengeluaran bulanan saat masih bekerja. Tentu saja, Anda harus punya prioritas kebutuhan. Salah satunya dengan mengurangi kehidupan konsumtif Anda.

Pergunakan dana pesangon

Anda tidak punya dana darurat? Anda bisa mengunakan dana pesangon yang diberikan kantor saat berhenti kerja. Dana ini bisa digunakan untuk bertahan hidup.

Tetapi, pastikan Anda mendapatkan pekerjaan sebelum dana pesangon itu habis, karena itu merupakan tujuan mengapa perusahaan memberikan dana tersebut.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Baca juga: Enam Gedung Resepsi di Jakarta Dengan Harga dibawah 10 Juta!

Pinjam uang

Meminjam uang adalah salah satu solusi untuk mencegah kebangkrutan. Uang yang dipinjam bisa digunakan untuk bertahan hidup, atau membuka usaha.

Anda bisa meminjam ke saudara. atau lembaga keuangan dengan menjaminkan barang berharga mereka. Tidak punya barang berharga? Anda bisa mengunakan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) untuk mendapatkan dana segar.

Pastikan Anda bisa membayar pinjaman itu dengan cicilan ringan dan bunga yang rendah.

Cari bisnis Sampingan

Sementara itu, Anda menunggu panggilan dari perusahaan yang Anda lamar, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mulai menjadi perantara, atau broker rumah dan tanah.

Usaha ini hanya bermodalkan smartphone yang Anda miliki. Apalagi, banyak situs online gratis yang bisa Anda gunakan mengiklankan bisnis yang Anda jalani.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Baca juga: Empat Cara Kuliah di Luar Negeri Yang Harus Kamu Pahami!

Buat jaringan

Memiliki banyak jaringan adalah hal yang Anda butuhkan, baik saat terimbas PHK maupun tidak. Karena, dari jaringan tersebut Anda bisa mendapatkan informasi, termasuk pekerjaan yang mungkin cocok. Membangun jaringan bisa mulai dari sosial media yang beredar saat ini seperti facebook, path, atau instalgram

Jaringan yang luas juga membuat Anda tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan. Pastinya banyak teman yang akan membantu Anda dengan pekerjaan yang mungkin bisa membantu kondisi finansial.

Bentuk kerja sama

Salah satu alternatif untuk menghindari bangkrut, saat kena PHK adalah dengan membentuk kerja sama dengan teman, atau rekan kerja yang mengalami nasib sama. Anda bisa bekerja sama mencari pekerjaan dan mengerjakannya, sehingga bisa menghasilkan uang.

Anda bisa menggunakan keahlian yang biasa Anda gunakan saat bekerja di tempat sebelumnya. Selain itu, rekan lama dan koneksi kerja bisa membantu Anda.

Kalau kamu masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya! (asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016