Ketua DPR Desak Pihak Otoritas Ambil Tindakan Tragedi Mina

Ketua DPR Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Insiden Mina bukanlah insiden yang pertama kali terjadi. Bahkan, kejadian ini merupakan yang terbesar sejak tahun 1990 yang menewaskan kurang lebih 1400 jamaah dan melukai ratusan lainnya.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Demikian ungkapan Ketua DPR Setya Novanto, menanggapi Insiden di Mina yang juga menewaskan tiga jamaah haji asal Indonesia.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Atas kondisi ini, ia mendesak seluruh otoritas yang terkait dengan pelaksanaan Ibadah Haji untuk mengambil langkah-langkah strategis demi mengakomodasi seluruh kepentingan jamaah, baik yang meninggal dunia maupun mereka yang terluka.


Ia pun mendorong agar Organisasi Konferensi Islam Dunia (OKI) yang terdiri dari negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim, untuk mengambil tindakan penanganan yang diperlukan dalam merespon insiden Mina.


"Apalagi kita ketahui bahwa Sekjen OKI saat ini, Iyad bin Amin Madani, berasal dari Arab Saudi. Saya akan mengutarakan langsung pendapat saya ini kepada Raja Arab Saudi, Raja Salman, yang mengundang saya dalam pertemuan,” ujar Novanto.


Novanto juga meyakini bahwa Presiden Jokowi juga akan menyuarakan dan berkontribusi penuh dalam permasalahan ini.


"Saya yakin Presiden Jokowi akan memberikan solusi bagaimana penyelesaian permasalah Mina agar tidak terulang pada musim haji berikutnya,” kata Novanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya