Pacu Bisnis Anak Usaha, MNC Kapital Siapkan Dana Rp 547,21 M

Ilustrasi mata uang.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga
VIVA.co.id
Konsumsi Masyarakat Cenderung Melemah Walau Ekonomi Tumbuh
- PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) menyatakan telah menyiapkan dana sebesar Rp 547,21 miliar untuk pengembangan usaha anak-anak usaha perseroan.

Ini Bisnis Donald Trump di Negara Muslim

Direktur Utama MNC Kapital Indonesia, Darma Satya mengatakan bahwa dana tersebut akan dianggarkan dari dana hasil
MNC Bakal Buyback 10 Persen Saham
right issue perseroan yang diperkirakan dapat mencapai Rp 827,21 miliar.

"Dana yang dihimpun dari
right issue
itu sebesar Rp 827, 21 miliar, Rp 20 miliar untuk bayar utang perusahaan. Kemudian Rp 240 miliar untuk ikut dalam
right issue
MNC Bank. Sisanya, injeksi ke anak usaha yang ada 7," ujarnya, di Jakarta, Jumat, 25 September 2015.


Darma menjelaskan, untuk bisa membesarkan anak-anak usahanya tersebut perseroan perlu pengembangan secara berkelanjutan. Anak-anak usaha perseroan yang akan memperoleh dana yakni, MNC Securities, MNC Asset Management, MNC Finance, MNC Insurance, MNC Life, MNC Leasing dan MNC Bank.


"Kita di
financial services
butuh dana banyak jadi akan tumbuh besar kalau dana cukup," tuturnya.


Sebelumnya, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) para pemegang saham menyetujui rencana perseroan untuk melakukan penawaran umun terbatas II (PUT II) dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue sebanyak-banyaknya 551.474.960 saham.


"Tadi dalam RUPSLB kami menetapkan harga pelaksanaan
right issue
sebesar Rp 1.500 per saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Sehingga, dana yang akan diraup sebesar Rp 827,212 miliar," ujarnya.


Darma menuturkan, bahwa nantinya setiap pemegang 15 saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) pada tangga 15 Oktober 2015 pukul 16.15 WIB berhak atas 2 HMETD, dimana setiap 1 HMETD berhak untuk membeli 1 saham baru.


Adapun, dana yang akan dihimpun perseroan dari hasil right issue Rp 20 miliar akan digunakan perseroan untuk membayar utang. Kemudian, Rp 240 miliar akan digunakan perseroan untuk mengambil right issue PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP).


"Sisanya, dana akan digunakan untuk modal kerja berupa investasi jangka pendek ke anak-anak usaha perseroan," tuturnya.


Selain itu, perseroan juga memperoleh izin pemegang saham untuk menerbitkan Waran Seri I. Perseroan akan menerbitkan sebanyak 551.474.960 waran seri I dimana setiap 1 saham hasil Right issue akan melekat 1 waran seri I yang diberikan secara cuma-cuma bagi pemegang saham HMETD yang melaksanakan haknya dan setiap 1 waran seri I memiliki hak untuk membeli 1 saham BCAP dengan nilai nominal Rp 100 per saham.


"Dari waran ini kami juga akan tawarkan harganya Rp 1.500 per saham. Sehingga dana yang akan diperoleh sebanyak-banyaknya Rp 827,212 miliar, yang dapat dilaksanakan mulai tanggal 11 April 2016 hingga 7 Oktober 2016," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya