Mungkin Hal Ini Penyebab Gagalnya Bisnis Anda?

wirausaha
Sumber :

VIVA.co.id - Memiliki usaha tidak hanya butuh tekad, modal dan kerja keras.  Anda juga harus siap mental untuk menghadapi kegagalan.

Bicara soal siap menghadapi kegagalan bukan berarti Anda harus gagal dulu untuk berhasil. Banyak pengusaha yang langsung sukses tanpa harus gagal  terlebih dahulu. Yang paling penting adalah bagaimana Anda mampu meminimalisir faktor-faktor yang bisa menyebabkan kegagalan.

Berikut ini lima hal penyebab kegagalan usaha. Silakan disimak:

Membelanjakan uang tidak bijaksana

Anda perlu memahami apa-apa saja biaya yang Anda perlukan dalam menjalankan usaha. Memang tidak ada salahnya bila Anda menghabiskan uang untuk modal, apalagi bila dananya tidak terbatas.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Akan tetapi baiknya semua uang yang keluar dibelanjakan secara bijaksana. Jangan sampai Anda kehabisan modal sebelum usaha tersebut dijalankan.

Anda juga harus punya prioritas pembiayaan, sehingga meskipun modal Anda kecil, usaha Anda tetap bisa berjalan.

Pasif

Bila Anda memiliki sifat ini sebaiknya cepat urungkan niat memiliki usaha. Karena menjadi pengusaha diperlukan pemikiran kreatif bukan  hanya bertindak pasif.

Apalagi bila modal usaha yang Anda miliki hanya mampu mempekerjakan diri sendiri. Maka mau tidak mau Anda harus sigap dan tanggap dalam menjalankan usaha tersebut, mulai dari mengurus pembukuan, pemasaran dan tugas-tugas lain.

Selain itu menjadi pebisnis yang sukses harus dapat melihat peluang sekecil apapun. Tak jarang pebisnis kehilangan peluang karena menolak melakukan investasi yang diperlukan. Sehingga dibutuhkan kreativitas dan mau mengambil risiko.

Baca juga: Enam Gedung Resepsi di Jakarta Dengan Harga dibawah 10 Juta!

Tidak ada keseriusan

Usaha yang akan Anda rintis mungkin memiliki semua yang dibutuhkan, misalnya modal dan tenaga kerja. Namun Anda menjalankan dengan setengah hati atau cuma usaha sambilan karena Anda masih punya pekerjaan lain.

Selain itu Anda belum mampu merubah pola pikir sebagai pekerja yang selalu menunggu perintah dan masa bodo.

Kalau sudah begini berpikirlah kembali, apakah Anda akan menjadi pengusaha? Kalau tidak lebih baik Anda mengurungkan niat daripada akan menemukan kegagalan ke depannya.

Modal bukan segalanya

Ada kalanya saat memulai usaha, yang ada dalam pikiran Anda adalah kesuksesan itu tergantung modal.  Anda sama sekali tidak berpikir kalau banyak faktor yang menjadi tolak ukur berhasilnya usaha, misalnya mitra kerja, pegawai dan manajemen yang baik.

Jangan heran bila Anda akan mengalami kegagalan bila modal habis dikarenakan Anda tidak juga memperhatikan faktor pendukungnya.
Baca juga: Empat Cara Kuliah di Luar Negeri Yang Harus Kamu Pahami!

Tidak melakukan riset

Tak hanya pebisnis pemula, perusahaan besarpun banyak mengalami kegagalan karena tidak melakukan riset atau riset yang dilakukannya salah.

Misalnya Anda ingin melakukan usaha butik pakaian Big Size (ukuran besar), tanpa sempat melakukan riset untuk menghitung berapa sih kemungkinan pasar untuk orang yang memerlukan pakaian big size. Nah kalau sudah begini dijamin usaha Anda akan sia-sia dan modal akan terbuang percuma.

Guna meminimalisir kegagalan rencana usaha, riset bisa membantu Anda mendapatkan informasi usaha alternatif yang bisa dilakukan.

Kalau  kamu masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk kredit tanpa agunan (KTA) sekarang, klik di sini!

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016