HUT Ke-70, KAI Luncurkan Dua Produk Baru

KRL dilengkapi layar monitor
Sumber :
  • VIVAnews/Arie Dwi
VIVA.co.id
Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
- Bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-70, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan dua produk barunya, yakni Train Ticketing Machine - TTM (prototype) dan Digital Book Jejak Kenangan Kereta Api di Jawa. Peluncuran dua produk baru PT KAI ini dilakukan oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, Senin 28 September 2015.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
Setelah selesai dengan produk RTS, KAI Access, internet booking dan CTM, kembali PT KAI meluncurkan produk baru yaitu Train Ticketing Machine - TTM. TTM adalah mesin pembelian tiket KA dalam bentuk vending machine yang dapat mengeluarkan tiket kereta api. 

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
“Produk yang kami launching bertepatan dengan peringatan HUT KA ke-70 ini menjadi salah satu bukti bahwa PT KAI tak akan berhenti berinovasi demi peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa khususnya, dan kemajuan perkeretaapian Indonesia pada umumnya,” kata Edi Sukmoro dikutip dari laman BUMN, Senin.

Menurut dia, produk ini semakin menambah daftar pelayanan pemesanan dan pembelian tiket yang sudah ada. Dengan mesin ini nantinya masyarakat dapat melakukan pembelian tiket KA, H-90 sampai dengan H-4.

Adapun tiket dibeli maksimal 4 (empat) penumpang dewasa dan 4 (empat) infant pada mesin ini dengan cara memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang, serta menginput data berupa nama, nomor identitas, tanggal lahir, dan nomor telepon pemesan dan penumpang yang akan berangkat melalui layar touch screen pada mesin ini.

Setelah menginput data-data tersebut, calon penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu debit/kredit dan kartu prepaid tanpa dikenakan charge tambahan dan tanpa diskon channel seperti pada pembelian tiket di loket.

Pada tahap awal, PT KAI akan menyediakan sembilan unit mesin tiket KA di Stasiun Gambir dan satu unit di Stasiun Bandung. Untuk tahap selanjutnya, PT KAI akan menyediakan mesin ini di seluruh stasiun keberangkatan.

Selain itu, masih di tempat yang sama, satu produk lain juga diluncurkan bertepatan dengan peringatan HUT KA ke-70, yakni digital book dengan judul “Jejak Kenangan Kereta Api di Jawa”. 

Buku digital ini mengupas tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia, mulai dari awal rencana pembangunannya pada masa pemerintahan kolonial Belanda hingga saat ini, peran kereta api di era perjuangan kemerdekaan, hingga aset-aset heritage kereta api yang masih dipelihara oleh PT KAI hingga sekarang.

Buku digital ini disajikan dalam format PDF Full Interactive dengan fitur pinch to zoom yang dilengkapi dengan audio video serta foto-foto yang menarik sehingga tidak membosankan untuk dibaca. 

Masyarakat yang ingin mendapatkan buku digital ini dapat mengunduh secara gratis di App Store (iOS) dan Play Store (Android) dengan cukup mengetikkan salah satu keyword berikut: Kereta Api Indonesia, Heritage Rail, Heritage, Train, dan Railway. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya