Kemendag Sosialisasikan MEA Lewat AEC Center

Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
- Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong meluncurkan ASEAN Economic Community Center (AEC Center) sebagai bagian dari sosialisasi pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang sebentar lagi diberlakukan.

Tepung Kelapa dari Sulut Diminati Warga Rusia
"AEC Center ini sangat diperlukan, agar semua pihak bisa mendapatkan update dan progres tentang MEA, supaya Indonesia bisa meraih dan memaksimalkan manfaat MEA bagi perekonomian Indonesia," kata Thomas dalam peluncuran AEC di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin 28 September 2015.

Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng
Dia mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan implementasi MEA adalah seluruh masyarakat tahu benar tentang MEA, manfaatnya, dan cara memanfaatkannya. Nantinya, AEC Center inilah yang akan membantu dan memberi tahu pengetahuan tentang MEA.

"Pengetahuan masyarakat yang benar dan jelas tentang MEA adalah salah satu kunci suksesnya implementasi tentang MEA," kata Thomas.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kemendag, Bachrul Chairi, mengatakan bahwa AEC Center ini dibentuk dengan misi memberikan konsultasi perdagangan dan jasa, edukasi publik tentang perkembangan dan peluang MEA, serta pelayanan advokasi bagi pengusaha untuk pasar AsEAN.

Tujuannya, agar pelaku usaha bisa meningkatkan daya saing dan meningkatkan ekspor ke pasar ASEAN dan mitra dagang ASEAN.

Eks direktur jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag ini juga mengatakan AEC Center ini juga akan memberikan coaching clinics kepada pengusaha tentang peluang ekspor produk unggulan dan produk potensial.

Tidak hanya itu, informasi lengkap tentang semua prosedur kegiatan ekspor ke pasar ASEAN dan semua mitra dagang ASEAN turut diberikan. Dengan demikian, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ekspor ke pasar ASEAN maupun pasar global.

"AEC Center diharapkan bisa menjadi portal semua informasi yang berkaitan dengan MEA. Masyarakat, para pemangku kepentingan, dan pengusaha bisa memanfaatkan AEC Center untuk mendapatkan informasi tentang MEA," kata Bachrul.

Dalam peluncuran AEC Center, Thomas juga meluncurkan dan meresmikan mobile magic box MEA. Mobile magic box ini akan roadshow keliling Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, dan Bekasi selama tiga puluh hari ke depan. Mobil ini berisi informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan MEA, yang tercantum dalam brosur-brosur. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya