Hidayat Nur Wahid: Idul Adha Ajarkan agar Tidak Egois

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi I Akan Panggil Pihak yang Disebutkan Freddy Budiman
- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menjadi imam dan khatib shalat Idul Adha di Lapangan Yonzikon 14 /SWC, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis 24 September 2015.

Kerusuhan di Tanjung Balai Harus Diusut Tuntas

Memaknai Idul Adha, Hidayat mengatakan bahwa Idul Adha adalah momentum dan intervensi agama yang sangat baik dan menyegarkan kembali semangat pengorbanan, yaitu berkorban untuk kepentingan yang lebih besar.
Wakil Ketua MPR Doa dan Dzikir Bersama di SMA Lab School

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

"Dengan Idul Adha kita diajarkan untuk tidak berpikir egoistis, egosentris, ego kelompok, ego sektoral maupun berpikir jangka pendek," katanya usai shalat Idul Adha.


Menurut Hidayat, Idul Adha lebih kepada dimensi mashlahat yang lebih luas, lebih panjang, mengutamakan kepentingan umum. "Idul Qurban mengingatkan kita bahwa beragama juga menguatkan dimensi sosial, daging kurban dibagikan untuk seluruh umat manusia," jelasnya.


Dari Idul Adha ini, lanjut Hidayat, beragama bisa menyatukan seluruh bangsa Indonesia karena dengan perayaan ini bisa menguatkan silaturahmi."Ini penting di tengah beragam kekhawatiran MEA dan krisis ekonomi," ujarnya.


Hidayat menambahkan, beragama bagi umat Islam, bukanlah menghadirkan hal yang menakutkan terorisme, ektremisme tapi beragama yang menghadirkan kegembiraan, kenyamanan dan solusi.


Hidayat juga berharap suasana nyaman bisa berlangsung di Tolikara Papua. "Ada kekhawatiran kasus Idul Fitri terulang lagi di sana. Tapi sudah ada jaminan dari Kapolri, Kapolda, Menko Polhukam bahwa shalat Idul Adha bisa diselenggarakan dengan aman dan damai," katanya.


Hidayat berpendapat mengganggu perayaan agama, apapun agamanya, tidak ada untungnya. "Keharmonisan harus kita jaga. Jangan sampai karena ektstremisme atau radikalisme satu kelompok mengakibatkan disharmoni. Ini tidak boleh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya