India Bawa LAPAN-A2 ke Orbit Bareng Enam Satelit Lain

Model Satelit A2 buatan LAPAN
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Tepat pukul 11.30 WIB, satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) diluncurkan di India. Peluncuran itu diklaim sukses dalam kurun beberapa menit saja bersama dengan enam satelit lainnya.

Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

Pihak Lapan menyatakan, Satelit LAPAN A-2 dilepaskan ke orbit setelah satelit astronomi milik India, Astrosat. Kemudian disusul Satelit NLS-14 milik Kanada, satelit nano AS LEMUR-1, LEMUR-2, LEMUR-3 dan LEMUR-4. Total misi peluncuran satelit berbagai negara yang dibawa India itu membutuhkan waktu 25,35 menit, terhitung sejak roket meluncur dari permukaan bumi.

Kepala Pusat LAPAN Bandung Halimurrahman mengatakan, setalit A2 yang diluncurkan hari ini, Senin, 28 September 2015, dibuat untuk memantau maritim di Indonesia. "Satelit ini merupakan kelanjutan dari satelit A1 yang diluncurkan pada 2001 silam," katanya di kantor LAPAN, Bandung, Senin, 28 September 2015.

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Dia menjelaskan, 'adik' dari satelit A1 ini akan dimanfaatkan untuk memantau kemaritiman dengan menggunakan sensor kamera. Satelit seberat 72 kilogram tersebut dirakit di LAPAN Bogor. Dengan menggunakan desain dan sebagian teknisi dari Jerman. "Komunikasi dengan radio/orari juga bisa dilakukan untuk mitigasi bencana," ujarnya menambahkan.

Rencananya, LAPAN-A2 diorbitkan dekat ekuator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 650 kilometer dari permukaan Bumi. Dengan orbit ekuatorial, LAPAN-A2 akan melintasi wilayah Indonesia 14 kali setiap hari. Dengan demikian, satelit ini dapat mendukung pemantauan wilayah nusantara dari luar angkasa.

NASA Gandeng LAPAN, Observasi Gerhana Matahari Total

Satelit tersebut membawa misi pemantauan permukaan bumi, identifikasi kapal laut, dan komunikasi radio amatir. Untuk misi pemantauan wilayah RI, satelit LAPAN-A2 membawa kamera video analog dengan resolusi lima meter dan kamera digital dengan resolusi 3,5 meter.

Usai mengorbit, Lapan akan melakukan penyelesaian akhir, seperti penjejakan (tracking) dari fasilitas pemantau Lapan di Rancabungur dan Biak untuk mengaktifkan semua sensornya.

Laporan: Meega Dwi Anggraeni/Bandung

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya