Mengunjungi ‘Harta Karun’ Bawah Tanah di Negeri Harry Potter

Stasiun Southwark di London, Inggris
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA.co.id – Inggris adalah negara yang terkenal karena banyak hal; keluarga kerajaan, menara Big Ben, gereja kuno Westminster Abbey, klub sepakbola, hingga Harry Potter.

Tapi, Inggris bukan hanya itu. Masih banyak harta karun terpendam yang seringkali tidak disadari keberadaannya oleh warga Inggris sendiri. Salah satunya stasiun kereta api bawah tanah.

Umumnya, warga Inggris, terutama London, menggunakan kereta bawah tanah sebagai alat transportasi utama untuk melintasi kota. Sayangnya, mereka jarang menyadari keindahan stasiun bawah tanah yang ternyata punya arsitektur luar biasa. Malah beberapa di antaranya punya nilai sejarah dan arsitektur tinggi. 

Penasaran? Simak beberapa stasiun bawah tanah dengan arsitektur mengagumkan di bawah ini, dilansir Metro.co.uk:

Westminster

Menteri Transportasi Belgia Resmi Undur Diri

Bagi para penggemar film Star Wars, stasiun bawah tanah ini memiliki dekorasi layaknya Circle line dan Jubilee line dari film luar angkasa legendaris tersebut. Menginjakkan kaki di stasiun tersebut, membuat Anda ingin menggenggam pedang lightsaber dan bertarung dengan Darth Vader.

Southwark

Stasiun ini kerap menjadi lokasi syuting film thriller maupun aksi, salah satunya Trance, di mana terjadi adegan penembakan seru. Dirancang oleh arsitek Sir Richard MacCormac, stasiun bawah tanah ini adalah "permata" yang nyata di stasiun bawah tanah London.

Leytonstone

Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Stasiun ini sangat bersejarah karena menjadi tempat memorabilia guna memperingati putra daerah paling terkenal, yakni Alfred Hitchcock. Untuk itu, Greenwich Mural Workshop memasang 17 mosaik yang menggambarkan film-film besutan sutradara kenamaan tersebut.

East Finchley

Saat ini, stasiun East Finchey merupakan stasiun kereta bawah tanah London yang paling ikonik. Stasiun ini dibangun kembali pada tahun 1930-an dengan gaya Art Deco oleh Charles Holden, arsitek di balik sebagian besar stasiun Tube London.

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara
British Airways i360

Gedung Pencakar Langit Paling Ramping di Dunia

Menara i360 ini menghabiskan biaya sekitar Rp737,2 miliar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016